8 Persiapan Sederhana Supaya Kuat Jalankan Puasa Ramadhan

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 12 April 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 481 2393328 8-persiapan-sederhana-supaya-kuat-jalankan-puasa-ramadhan-WdKRcGdYP7.jpg Ilustrasi puasa Ramadhan. (Foto: Reuters)

BULAN puasa Ramadhan 1442 Hijriah siap disambut seluruh umat Islam di dunia, termasuk di Indonesia. Hanya dalam hitungan beberapa jam lagi jika resmi diputuskan maka Selasa 13 April 2021 menjadi hari pertama bulan puasa tahun ini.

Menjalankan ibadah puasa di tengah situasi pandemi covid-19, ditambah cuaca ekstrem akhir-akhir ini, tentu membuat kita harus ekstra mempersiapkan kesehatan tubuh agar ibadah puasa tetap lancar.

Lantas, hal apa yang bisa dilakukan? Merangkum dari laman Musliminc, Senin (12/4/2021), berikut ulasan singkat delapan cara sederhana mempersiapkan tubuh supaya kuat menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Baca juga: Anak Mau Belajar Puasa Ramadhan, 7 Hal Ini Harus Dilakukan Orangtua 

1. Puasa lebih awal

Beberapa hari sebelum Ramadhan, disarankan untuk puasa sunah. Cara ini dikatakan bisa sangat membantu karena akan memberikan gambaran nyata pada tubuh tentang apa yang akan dijalani selama satu bulan mendatang.

Puasa. (Foto: Ededchechine/Freepik)

2. Konsultasi ke dokter

Jika punya penyakit tertentu dan tidak yakin apakah aman untuk berpuasa, hubungi dokter untuk berkonsultasi. Sehingga menjadi tahu apakah kondisi kesehatan diri baik-baik saja jika berpuasa.

3. Sarapan lebih awal

Mulailah sarapan lebih awal, sehingga tubuh jadi bisa beradaptasi dengan rutinitas makan sahur nanti. Terutama bagi orang-orang yang sehari-hari cenderung biasa tidak sarapan pagi.

Baca juga: Nikmatnya Nasi Liwet Kimbab Family, Dipilih untuk Munggahan Jelang Ramadhan 

4. Stok bahan makanan

Meal planning sebelum Ramadhan disebutkan bisa membuat seseorang siap menjalani ibadah puasa lebih nyaman, karena sudah punya menu makanan sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama bulan Ramadhan dan yang terpenting jadi tahu bahan makanan apa saja yang perlu dibeli dan tersedia stoknya di rumah.

5. Hindari ngemil

Menghindari snacking time atau waktu mengemil sebelum Ramadhan akan membantu tubuh dan diri kita beradaptasi dengan kebiasaan makan hanya dua kali dalam sehari saat Ramadan, makan sahur dan berbuka puasa.

6. Tidur teratur

Jika sering tidur larut, usahakan untuk tidur lebih awal agar bisa bangun untuk sahur. Ingat bahwa di bulan Ramadhan kita tetap harus bekerja atau beraktivitas seharian seperti biasa. Jadi simpan energi Anda.

Baca juga: Bolehkah Pasien Covid-19 Puasa Ramadhan? Ini Kata Pakar Kesehatan 

7. Hindari asupan kafein

Jika Anda penggemar berat kopi, coba kurangi atau hentikan sama sekali asupan kafein sehari-hari. Bisa coba mulai mengurangi jumlah gelas kopi yang diminum. Batasi hanya satu cangkir per hari, lalu mulailah minum kopi tanpa kafein sampai benar-benar bisa tidak meminumnya sama sekali.

8. Atur porsi

Cobalah sebisa mungkin untuk tidak berbelanja makanan secara berlebihan. Ini hanya akan meningkatkan nafsu makan sehingga membuat Ramadhan malah terasa sulit dijalani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini