3 Langkah Mudah Simpan Masker Bedah ketika di Rumah atau Bepergian

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 12 April 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 481 2393410 3-langkah-mudah-simpan-masker-bedah-ketika-di-rumah-atau-bepergian-jmW05gu3Gz.jpg Ilustrasi masker bedah. (Foto: Robotdean/Freepik)

SATU tahun pandemi covid-19 membuat masker menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Ini terutama bagi sebagian besar masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.

Mengenakan masker bedah atau kain merupakan salah satu bentuk pencegahan covid-19 yang harus dilakukan. Tidak hanya memakainya dengan benar, tata cara melepas dan menyimpan masker juga wajib diperhatikan.

Baca juga: Menggunakan Masker Ganda, Haruskah? 

Ada beberapa cara mudah untuk menyimpan masker bedah agar tidak terkontaminasi virus. Terlebih lagi jika Anda harus sesekali membuka masker untuk makan atau minum.

Berikut tiga cara mudah menyimpan masker bedah, seperti dirangkum dari laman Huffpost, Senin (12/4/2021).

Masker. (Foto: Freepik)

1. Letakkan di tempat yang bersih dan kering

Saat menyimpan masker bedah di rumah, Anda perlu memperhatikan lokasinya. Hindari menyimpan masker di tempat yang lembab atau mudah terkontaminasi oleh virus dan bakteri.

Carilah tempat yang steril dan kering untuk menyimpan masker. Hindari juga tempat-tempat untuk menyimpan benda-benda lain yang sering Anda sentuh atau yang kerap dilalui orang lain demi mencegah kontaminasi virus.

2. Sediakan kantong khusus untuk saat berpergian

Ketika Anda keluar rumah, pastikan membawa kantong khusus untuk meletakkan masker. Kantong khusus tersebut harus bersih, kering, dan tidak tercampur dengan benda lain. Disarankan kantong khusus masker itu memiliki ritsleting atau penutup agar mencegah adanya kontaminasi pada masker.

Baca juga: Terungkap, 5 Tempat Orang Sering Tidak Patuh Menggunakan Masker 

3. Sediakan masker cadangan

Masker bedah tidak boleh digunakan dalam jangka waktu lama yaitu maksimal 4 jam pemakaian. Oleh karena itu, setiap berpergian dalam jangka waktu lama atau lebih dari 4 jam, sebaiknya membawa masker cadangan. Masker cadangan tersebut dapat Anda bawa di kantong berbeda dengan kantong khusus masker yang Anda kenakan.

Selain mengenakan masker, penting juga untuk menerapkan protokol kesehatan 5M lainnya, yakni Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini