Wajib Tahu, 6 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 481 2393572 wajib-tahu-6-manfaat-donor-darah-untuk-kesehatan-tubuh-JUroOY4mP5.jpg Ilustrasi donor darah. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

DONOR darah adalah aktivitas yang baik dilakukan. Dengan mendonorkan darah, salah satu manfaatnya yaitu bisa menyelamatkan nyawa orang lin. Biasanya darah yang didonorkan sebanyak 200 hingga 350 mililiter per kantong darah.

Dilansir dari laman rasmussen, Selasa (13/4/2021), berikut manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Cek Tekanan Darah Bisa di Rumah, Simak Caranya 

1. Dapat mengecek kesehatan

Sebelum donor darah, Anda akan menjalani pemeriksaan denyut nadi, suhu tubuh, hemoglobin, dan lainnya. Mendonor darah dapat menjadi cara lain untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Donor darah.

2. Mengurangi penyimpanan zat besi yang berbahaya

Penyakit yang menyebabkan kelebihan zat besi atau istilah kedokterannya disebut juga Hemochromatosis. Dengan melakukan pengangkatan sel darah merah dengan proses mengeluarkan darah atau menyumbangkan darah adalah pengobatan pilihan untuk pasien dengan kelebihan zat besi dalam darah.

3. Mengurangi risiko serangan jantung

Jika ada kadar zat besi tinggi dalam darah, hal tersebut dapat menyempitkan pembuluh darah dan membuat lebih banyak risiko serangan jantung. Dengan mendonorkan darah maka bisa menghilangkan simpanan zat besi ekstra, hal ini dapat memberi lebih banyak ruang bagi pembuluh darah untuk beroperasi.

Baca juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Sirkulasi Darah agar Kulit Sehat 

4. Mengurangi risiko kanker

Menurut sebuah penelitian, donor darah bisa menurunkan risiko kanker. Proses mengeluarkan darah diketahui dapat dijadikan sebagai metode pengurangan zat besi yang berkaitan dengan risiko kanker dan kematian yang lebih rendah.

5. Membantu hati tetap sehat

Salah satu bahaya kelebihan zat besi ialah terganggunya kesehatan hati. Mendonor darah dapat membantu meringankan beberapa simpanan zat besi tersebut yang dapat menghindari masalah ekstra di hati.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Tensimeter untuk Digunakan di Rumah 

6. Membantu kondisi mental

Dalam bidang psikologis, mendonorkan darah berarti seseorang di suatu tempat akan mendapatkan bantuan yang sangat mereka butuhkan. Menjadi relawan pendonor darah terbukti memiliki efek positif pada kebahagiaan. Manfaat kesehatan psikologis yang dapat diterima karena mengetahui bahwa Anda membantu orang lain yang sama bermanfaatnya dengan manfaat kesehatan fisik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini