5 Persiapan Sebelum Anak-Anak Belajar Tatap Muka di Sekolah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 12 April 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 612 2393116 5-persiapan-sebelum-anak-anak-belajar-tatap-muka-di-sekolah-utMjgErrQy.jpg Ilustrasi pembelajaran tatap muka. (Foto: Okezone)

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan rencana pembelajaran tatap muka di sekolah pada Juli mendatang. Menanggapi hal tersebut, banyak pihak melakukan berbagai persiapan guna menyambut kembalinya para siswa ke sekolah.

Sebagai orangtua, tentunya menginginkan anak-anaknya dapat belajar dengan aman dan nyaman di sekolah. Karena itu, berikut tips yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan anak kembali ke sekolah, sebagaimana dilansir laman Scholastic, Senin (12/4/2021).

Baca juga: PTM Segera Terlaksana, Orangtua Sabar Dulu Menunggu Anak Divaksinasi Covid-19 

1. Kunjungi sekolah atau ruang kelas sebelum hari pertama

Anda bisa mengunjungi sekolah dan melihat keadaan kelas sebelum sekolah benar-benar kembali dibuka untuk para siswa. Anda juga dapat melihat taman bermain tempat anak meluangkan waktu pada jam istirahat di sekolah. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengundang guru untuk datang ke rumah.

2. Ajak anak berbicara

Bicaralah dengan anak mengenai perasaannya tentang sekolah, teman, guru, dan aktivitas baru. Ini akan membantu meredakan kecemasan bagi Anda maupun sang anak sebelum berinteraksi dengan mereka di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka, UNICEF: Utamakan Kesehatan Siswa dan Guru 

3. Simulasi

Setelah sekian lama tidak pernah menyentuh sekolah, bisa jadi anak lupa apa yang harus dilakukan ketika kembali ke sekolah. Karena itu, latihan akan membantu anak untuk membiasakan diri. Anggaplah ini hari sekolah dan lakukan langkah-langkah untuk bangun, berpakaian, makan, serta keluar dari rumah.

Orangtua juga bisa melatih keterampilan sang anak dengan membiasakan melakukan pekerjaannya sendiri, mengganti seragam sendiri, dan mencuci tangan. Anak akan merasa lebih percaya diri saat diminta melakukan hal-hal tersebut di sekolah.

4. Atur waktu tidur

Pandemi covid-19 telah mengubah body clock beberapa orang. Anak-anak pun seringkali bermain gadget hingga larut malam. Nah, ini saatnya orangtua mengatur kembali jam tidur anak.

Mulailah membiasakan anak untuk tidur 15 menit lebih awal. Jika sudah tercapai, tambahkan lagi 15 menit ke depannya. Dengan demikian, jika anak biasa tidur pukul 23.00 selama pandemi, ia akan terbiasa untuk tidur pada pukul 21.00 seiring berjalannya waktu dengan latihan tersebut.

Baca juga: Ahli Kesehatan: Perlu Persiapan Matang Sebelum Sekolah Dibuka Lagi 

5. Tetap patuhi protokol kesehatan

Jadilah panutan bagi anak dalam menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

Selain itu, pastikan air minum dan toilet di rumah bersih, lingkungan rumah bersih dan bebas dari sampah, serta mengajarkan anak untuk batuk dan bersin menggunakan tisu atau sikunya, dan menghindari menyentuh wajah, mata, mulut, hidung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini