4 Cara Aman Cari Jodoh Lewat Aplikasi Kencan Online di Tengah Pandemi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 12 April 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 612 2393224 4-cara-aman-cari-jodoh-lewat-aplikasi-kencan-online-di-tengah-pandemi-2D2ub4rDQa.jpg Menemukan jodoh lewat kencan online (Foto: Branson Regal)

Di tengah pandemi Covid-19, mencari jodoh tidak semudah dulu. Sebab sebelum pandemi banyak orang menyelenggarakan berbagai pertemuan, bahkan reuni untuk menemukan teman baru bahkan jodoh.

Namun di tengah pandemi pertemuan dan pergaulan jadi terbatas. Meski demikian Anda tak usah khawatir, terdapat berbagai aplikasi kencan yang bisa digunakan untuk mencari jodoh secara online.

Berikut ini berbagai cara aman mencari jodoh lewat aplikasi kencan online, seperti dianjurkan oleh Dating.com. Bagaimana caranya agar aman saat cari jodoh lewat aplikasi di tengah pandemi?

menemukan jodoh

1. Percayalah tak ada manusia sempurna

Memang sangat menggiurkan membalas chatting dari pria yang foto profilnya terlihat sangat tampan dan menawan bagaikan selebritis. Dengan profil sekelas sultan minyak dari Arab, sempurna sekali untuk dijadikan pasangan hidup. Tapi di dunia ini tidak ada yang semuanya sempurna, bisa saja foto sultan tampan itu hanya diambil dari google atau mengarang bebas profil diri agar yang melihat langsung merasa tertarik.

Jadi, cobalah memilih dan memilah aplikasi kencan online yang mempunyai fitur dan sistem yang baik dan aman fotonya. Di aplikasi ini, semua profil pengguna, harus terverifikasi dan dengan fitur live yang terdapat didalamnya, kamu bisa dengan aman video call an dan memastikan bahwa photo yang ditampilkan adalah photo asli.

2. Jangan chat di luar aplikasi

Dengan alasan sibuk dan jarang buka aplikasi kencan, biasanya seseorang akan langsung kasih nomor telepon dan pindah ke aplikasi lain (whatsapp). Dating.com menyarankan, jangan terlalu cepat pindah dan tetap melanjutkan chat di dalam aplikasi saja. Karena apabila kamu ketemu calon kekasih yang ternyata cuma penipu atau predator, maka aplikasi kencan akan membantumu menelusuri dan kamu bisa langsung melaporkannya.

Sekarang ini, aplikasi kencan sudah memiliki fitur-fitur yang lengkap dengan sistem keamanan yang baik. Apabila seseorang serius denganmu, ia akan sabar menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi kencan tersebut dan selalu menunggu balasan darimu, tanpa buru-buru pindah ke aplikasi message lainnya.

3. Tinggalkan teman kencan yang minta dikasihani dan minta uang

Walaupun kamu sudah berpendidikan tinggi sampai kuliah di luar negeri, emotional connection tidak akan berpengaruh dengan seberapa cerdas dirimu menjadi sasaran penipu di aplikasi kencan.

Para penipu tersebut menjerat korbannya dengan menjalin koneksi emosi sebelum melancarkan aksi mereka, biasanya para penipu akan bercerita hal-hal buruk sehingga kita kasihan dan membantu dalam bentuk uang atau memainkan perasaan kamu dengan berkata akan mengirimkan sesuatu namun membutuhkan uang untuk biaya pengirimannya, dan lain sebagainya. Tetap waspada ya, apabila dia peduli dengan kamu, seharusnya dia yang berkorban bukan kamu.

 

4. Cari Aplikasi yang mempunyai sistem verifikasi dengan baik

Walaupun tersedia puluhan aplikasi kencan online di apps store kamu, belum tentu semuanya aman dan memiliki sistem yang sangat baik. Penting buat kamu untuk memastikan bahwa aplikasi yang kamu pilih mampu dan terpercaya serta memverifikasi data-data penggunanya. Hal tersebut tentu saja untuk meminimalisir potensi kejahatan cyber.

Pilih aplikasi yang tidak hanya menyediakan fitur chat saja, tetapi memiliki sistem verifikasi yang lengkap dan tentunya aman untuk digunakan. Seperti diverifikasi dengan ID resmi dan foto profil asli.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini