Tips Mengatasi Anak Tantrum

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 12 April 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 612 2393268 tips-mengatasi-anak-tantrum-ubNvZKo05Z.jpg Anak tantrum (Foto: Healthline)

Tantrum adalah ledakan emosi, seperti amukan marah anak yang dapat membuat frustasi orangtua mana pun. Kemarahan dimulai dari merengek dan menangis hingga berteriak, menendang, memukul, dan menahan napas.

Ini umum terjadi pada anak laki-laki dan perempuan dan biasanya terjadi antara usia satu hingga tiga tahun.

 anak tantrum

Tantrum adalah bagian normal dari perkembangan anak. Begitulah cara anak kecil menunjukkan bahwa mereka kesal atau frustrasi. Tantrum dapat terjadi ketika anak-anak lelah, lapar, atau tidak nyaman. Mereka emosi marah, saat tidak bisa mendapatkan sesuatu, seperti mainan.

Tantrum sering terjadi selama tahun kedua kehidupan, ketika keterampilan bahasa mulai berkembang. Karena balita belum bisa mengatakan apa yang mereka inginkan, rasakan, atau butuhkan, si kecil menjadi frustrasi emosi dan akhirnya mengamuk. Saat keterampilan bahasa meningkat, amukan cenderung menurun.

Dikutip dari kidshealth.org, berikut beberapa tips yang dapat mengatasi anak tantrum:

1. Berikan banyak perhatian positif, seperti beri hadiah si kecil dengan pujian dan perhatian atas perilaku positifnya.

2. Latih si balita memilih, misalnya "Apakah kamu ingin jus jeruk atau jus apel?" atau "Apakah kamu ingin menyikat gigi sebelum atau sesudah mandi?"

3. Alihkan perhatian anak anda. Mulailah aktivitas baru untuk melupakan hal yang membuat anak frustrasi. Atau cukup ubah lingkungan dengan mengajak balita Anda keluar masuk atau pindah ke ruangan lain.

4. Bantu anak-anak mempelajari keterampilan baru.

5. Puji mereka untuk membantu mereka merasa bangga dengan apa yang dapat mereka lakukan. Juga, mulailah dengan sesuatu yang sederhana sebelum melanjutkan ke tugas yang lebih menantang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini