5 Cara Pintar Ajarkan Anak Puasa Supaya Terasa Lebih Menyenangkan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 12 April 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 612 2393346 5-cara-pintar-ajarkan-anak-puasa-supaya-terasa-lebih-menyenangkan-L5YKCOrzeF.jpg Ilustrasi anak-anak. (Foto: Jcomp/Freepik)

BULAN Ramadhan 1442 Hijriah sudah di depan mata. Bagi para orangtua, ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan anak-anaknya tentang arti bulan Ramadhan, termasuk ibadah puasa.

Ya, meski anak-anak belum diwajibkan berpuasa hingga mereka baligh, tidak ada salahnya mengajarkan sejak dini.

Berikut MNC Portal rangkumkan lima cara pintar mengajarkan puasa kepada anak-anak, seperti dikutip dari laman Havehalalwilltravel, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Anak Mau Belajar Puasa Ramadhan, 7 Hal Ini Harus Dilakukan Orangtua 

1. Awali dengan latihan

Ada beberapa cara untuk membuat anak belajar berpuasa. Mulai dari membangunkan mereka saat makan sahur, melewati sarapan, dan lain sebagainya.

Nah, setelah terbiasa dengan cara ini, bisa mulai mengajarkan mereka untuk menahan rasa lapar selama beberapa jam antara 3 hingga 5 jam terlebih dahulu. Setelah merasa nyaman, ajaklah mereka untuk melaksanakan puasa penuh.

Info grafis anak puasa Ramadhan. (Foto: Okezone)

2. Sajikan menu makanan sehat

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak cenderung membutuhkan asupan nutrisi seimbang sepanjang hari untuk membantu tumbuh kembangnya. Namun bila mereka menjalani ibadah puasa, otomatis asupan nutrisi akan berkurang. Oleh karena itu, siapkanlah menu makanan sehat saat mereka sedang sahur.

Pastikan mereka tidak mendapat asupan garam dan gula berlebih untuk mencegah timbulnya rasa lapar. Sebagai gantinya, Anda bisa mengolah makanan makanan kaya serat dan protein yang ampuh menciptakan rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Nikmatnya Nasi Liwet Kimbab Family, Dipilih untuk Munggahan Jelang Ramadhan 

3. Berikan hadiah

Berilah hadiah spesial untuk anak-anak Anda agar mereka merasa lebih tertantang untuk menjalankan ibadah puasa. Misalnya, Anda memperbolehkan mereka mengonsumsi es krim bila berhasil melaksanakan puasa selama tiga hari atau satu minggu penuh. Si kecil pasti akan lebih bersemangat belajar berpuasa.

4. Bikin kalendar khusus

Buatlah kalendar khusus untuk memastikan bahwa si kecil telah berhasil menjalanlan puasa dengan lancar. Anda bisa memberikan pernak-pernik stiker berbentuk bintang bila mereka berhasil melaksanakan puasa setiap harinya. Cara ini sangat ampuh meningkatkan semangat mereka untuk terus melanjutkan ibadah puasa.

Baca juga: Bolehkah Pasien Covid-19 Puasa Ramadhan? Ini Kata Pakar Kesehatan 

5. Jangan lupa ajarkan nilai-nilai Islam

Sembari mengajarkan anak berpuasa, jangan lupa memberikan mereka edukasi seputar nilai-nilai keislaman, seperti mengapa umat Islam harus berpuasa dan lain sebagainya. Selain mengajarkan tentang sahur dan berbuka puasa, tidak ada salahnya mulai mengajarkan untuk membaca Alquran. Anda bisa melakukan hal ini secara bersama-sama, sehingga si kecil akan lebih cepat menyerapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini