Jadi Pembawa Virus, Ini 5 Langkah Bersihkan Handphone

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 12 April 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 612 2393384 jadi-pembawa-virus-ini-5-langkah-bersihkan-handphone-Hs1sciSVCc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI masa pandemi Covid-19 ini memang kita harus lebih ekstra berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Memakai masker adalah hal yang wajib dilakukan, tapi jangan lupa untuk membersihkan barang-barang dari luar.

Benda-benda yang kita bawa, bisa jadi malah menjadi sumber penulran virus loh. Nah, salah satu benda yang yang sering disentuh dan berisiko menularkan virus dan penyakit adalah ponsel.

Meski demikian, banyak yang tidak menyadari bahwa ponsel bisa menjadi perantara virus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Indonesi Baik, setiap orang rata-rata menghabiskan waktu sekira delapan jam untuk menggunakan ponsel.

Selain itu, virus juga memiliki kemampuan untuk bertahan selama 96 jam atau sekira empat hari pada permukaan kaca atau ponsel. Tentunya risiko penularan virus melalui ponsel bakal semakin besar jika seseorang sering bepergian ke luar rumah.

Merangkum dari Instagram resmi Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Senin (12/4/2021), berikut cara membersihkan ponsel agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Bersihkan ponsel

1. Cabut semua kabel dan matikan ponsel.

2. Lepas case dan aksesoris.

3. Bersihkan layar dengan tisu secara vertikal atau horizontal searah secara berulang. Namun perlu diingat, jangan menggosoknya terlalu keras.

4. Jangan lupa bersihkan bagian flash dan kamera.

5. Bersihkan bagian case dan tetap biarkan hingga alkohol menguap terlebih dahulu.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini