Viral Video Masker Impor China Miliki Cacing dan Ulat Mikroskopik, Ini Faktanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 612 2393515 viral-video-masker-impor-china-miliki-cacing-dan-ulat-mikroskopik-ini-faktanya-gvMb0yQDEN.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MEDIA sosial memang menjadi tempat mencari informasi, sayangnya tidak semua informasi 100 persen benar. Ada juga infomrasi-infomrasi salah yang beredar di media sosial.

Salah satunya seperti yang beredar di Youtube. Dalam unggahan di Youtube tersebut, disebutkan bahwa ada beberapa masker impor china yang memiliki cacing atau ulat mikroskopik.

Melansir Covid19.go.id, itu bukanlah ulat melainkan serat kain yang bereaksi terhadap kondisi lembap. Tampilan Cacing yang sesungguhnya terlihat berbeda di bawah Mikroskop, lebih tebal tidak setipis serat kain dan terlihat organ dalamnya.

Hoax Masker

“Masker impor china ada cacing atau ulat || waspada

Sumber video dari tim tenaga kesehatan RI

jangan lupa subscribe untuk info menarik lainnya”.

Selain itu, berkaitan dengan klaim “Sumber video dari tim tenaga kesehatan RI”, teknik ini adalah teknik “Appeal to False Authority” (Teknik Katanya) dengan cara mencatut pihak yang digunakan untuk otoritas, tetapi tidak memberikan bukti bahwa pihak yang diklaim benar-benar menyatakan seperti yang disebutkan di klaim.

Video percobaan oleh microbehunter.com ini, setelah diterjemahkan menggunakan fitur Subtitle/Close Caption YouTube dan Google Translate Chrome extension, menyebutkan:

“Saya pada dasarnya hanya dengan hati-hati menghembuskan napas dan meniup masker wajah saya dan kemudian serat mulai menyerap kelembapan dan jika anda benar-benar melepas masker wajah maka masker wajah akan mengering dan ini juga akan membuat serat bergerak sehingga anda melihat ini adalah proses yang cukup mudah," katanya di Mulai 4:56.

Mulai 5:46 setelah dilakukan percobaan ke Spageti: “dan seperti inilah cacing asli terlihat di bawah mikroskop mereka ada di air jadi mereka harus dikelilingi air karena kalau tidak mereka akan langsung mati karena terlalu kering sehingga anda dapat melihat bahwa sebenarnya gerakan mereka banyak lebih kuat dan cacing ini benar-benar terlihat seperti cacing”.

Padahal, tidak ada bukti yang mendukung informasi terkait bahaya masker wajah. Masker disterilkan setelah pembuatannya dengan cara yang ketat yang memastikan bahwa kuman, virus, atau organisme apa pun yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia tidak tetap ada.

Saad Al-Sharif, profesor dan konsultan penyakit dada dan pengobatan tidur, sebelumnya membantah klaim terkait cacing hitam di masker wajah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini