4 Es Teh Herbal Ini Cocok untuk Buka Puasa, Beri Efek Dinginkan Tubuh

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 298 2393985 4-es-teh-herbal-ini-cocok-untuk-buka-puasa-beri-efek-dinginkan-tubuh-E5OVwqT3Pq.jpg Ilustrasi es teh herbal. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

BUKA puasa Ramadhan kali ini cobalah dengan meminum es teh herbal. Bahan dasarnya bisa berasal dari buah atau sayuran yang sering dijumpai, misalnya semangka atau mentimun.

Buah dan sayuran itu memang terkenal dengan efek pendinginannya. Tapi masih banyak tumbuhan herbal lainnya yang juga bersifat dingin dan memberikan efek menyegarkan tubuh, sehingga sangat cocok untuk menu buka puasa.

Seperti dirangkum dari laman Boldsky, Selasa (13/4/2021), ini dia deretan es teh herbal yang cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa Ramadhan.

Baca juga: 5 Kegiatan Berfaedah yang Bisa Dilakukan Jelang Buka Puasa 

1. Es teh lemon balm

Lemon balm adalah ramuan beraroma lemon yang termasuk keluarga "mint" dan sangat dikenal karena kemampuannya mendinginkan serta menenangkan. Untuk berbuka puasa, minum es teh lemon balm secara efektif mengurangi panas tubuh dan gejala seperti mual, pusing, atau dapat meningkatkan kekebalan karena adanya tanin serta polifenol.

Es teh. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Es teh kembang sepatu

Tumbuhan kembang sepatu adalah ramuan musim panas karena dapat membantu menurunkan suhu tubuh melalui efek pendinginannya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kembang sepatu memiliki kemampuan menghilangkan dahaga karena membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan terisi elektrolit.

3. Es teh jahe

Jahe terutama dikenal karena efek hipertermiknya, artinya dapat meningkatkan panas tubuh. Namun, ini juga berkeringat alami, artinya dapat meningkatkan keringat dan menyebabkan pelepasan panas tubuh, sehingga mendinginkan tubuh di lingkungan yang panas apalagi setelah berpuasa seharian.

Baca juga: Lakukan 3 Hal Penting Ini Sebelum Vaksinasi Covid-19 saat Puasa Ramadhan 

4. Es teh kelopak mawar

Kelopak mawar memiliki sifat mendinginkan dan astringent. Sifat astringen pada kelopak bunga dapat membantu meredakan iritasi pada sistem pencernaan sementara efek pendinginannya menenangkan panas tubuh dan mencegah komplikasi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini