Bartender Hati-Hati, Sudah Ada Robot yang Jago Olah Minuman Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 23:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 298 2394205 bartender-hati-hati-sudah-ada-robot-yang-jago-olah-minuman-loh-O2qRBTmgnF.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMASUKI industri 4.0 memang kita dipermudah untuk melakukan segala sesuatunya. Bahkan, kini ada robot yang bisa menjadi bartender.

Salah satu perusahaan makanan dan minuman (F&B), hiburan dan gaya hidup, Focus Dynamics baru saja memperkenalkan bartender robotik pertama di Malaysia. Robot bartender ini disebut dengan MixoBot. 

Menurut Direktur Eksekutif Focus Dynamics, Benson Tay, MixoBot dapat diprogram oleh bartender profesional kelas dunia untuk memberikan koktail yang sempurna, hanya dalam beberapa menit saja. Uniknya robot tersebut dapat melakukan hal tersebut setiap saat, tanpa mengalami kegagalan.

“Bartender terkadang mungkin tidak setepat robot. Pelanggan mengembalikan minuman ke bar karena proporsi bahan yang mungkin tidak sesuai dengan selera mereka,” terang Tay, sebagaimana dilansir World of Buzz.

Mixobot

Menurut Tay, setiap minuman yang dikembalikan oleh konsumen, membutuhkan biaya yang dibebankan pada bar. Oleh sebab itu, ia berharap MixoBot dapat membantu menghilangkan beban masalah ini. 

Dengan kehadiran MixoBot, Focus Dynamics percaya bahwa hal itu dapat membawa keuntungan besar di industri F&B. Oleh sebab itu, mereka pun menargetkan pertumbuhan pendapatan minuman yang diharapkan sebesar 50 persen.

Saat ini, grup secara terbuka siap untuk menyewakan Mixobot ke restoran mana pun yang tertarik dengan teknologi ini. The Mixobot diatur untuk menjadi pusat perhatian Lavo, resto-lounge dan gudang anggur Grup. 

Selain efektif untuk menarik perhatian pengunjung, MixoBot juga berfungsi untuk memastikan campuran bahan yang akurat untuk menghasilkan koktail yang sempurna.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini