5 Manfaat Kurma yang Cocok Jadi Menu Buka Puasa dan Sahur

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 481 2393643 5-manfaat-kurma-yang-cocok-jadi-menu-buka-puasa-dan-sahur-XHIepOorNu.jpg Kurma (Foto : Timesofindia)

Kurma menjadi salah satu buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Biasanya, orang akan menjadikan kurma sebagai menu buka puasa  dan sahur, sebelum menyantap 'makanan berat'.

Untuk segi rasa, kurma mempunyai cita rasa yang manis legit ketika dikonsumsi. Kemudian, jenis kurma juga bermacam-macam, mulai dari kurma ajwa, medjool, sukkari, suqa’i, rabee’ah, dan masih banyak lagi.

Buah kurma mengandung nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Sebanyak 100 gram buah kurma saja mengandung 7 gram serat, 2 gram protein, kalium, magnesium, zinc, tembaga, mangan, dan vitamin B6. Kurma juga mengandung antioksidan tinggi.

Terlepas kandungan dan rasanya yang manis, kurma mempunyai banyak manfaat kesehatan. Oleh karena itu, cocok untuk dijadikan teman sahur dan berbuka di bulan Ramadan.

Nah, apa saja sih manfaat kurma bagi kesehatan? Berikut informasi selengkapnya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021).

Menangkal penyakit kronis

Kurma

Manfaat kurma di urutan pertama adalah dapat menangkal berbagai penyakit kronis. Hal ini dikarenakan kurma mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan inilah yang melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh Anda sehingga menyebabkan penyakit.

Beberapa antioksidan di dalam kurma di antaranya ada flavonoid yang dapat membantu mengurangi peradangan dan berpotensinya mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.

Kemudian karotenoid yang terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula. Terakhir, ada asam fenolat yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Asam fenolat jug dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga : Jarang Nasi, Ini Menu Sahur Arya Saloka dan Putri Anne yang Ngaku Team Pelor

Baca Juga : Khasiat Susu Kurma Bantu Mencegah Penyakit Jantung

Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat kurma di urutan berikutnya adalah bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Sebab, kurma mengandung serat yang tinggi. Kandungan inilah yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda dengan mencegah sembelit.

Selain itu, serat dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah, memperlambat pencernaan, dan dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

Membuat kulit sehat

Manfaat kurma selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit Anda. Mengapa bisa demikian? Hal ini lantaran mengandung vitamin C dan vitamin D yang membuat kulit Anda ikut ternutrisi.

Dua kandungan vitamin tersebut bekerja untuk meningkatkan elastisitas kulit Anda yang terus menghilang semakin usia Anda bertambah. Plus, nutrisi yang ada dalam kurma juga membantu mencegah penuaan dini dan membantu Anda terlihat awet muda.

Sehat untuk tulang

Kurma

Manfaat kurma yang satu ini juga tidak kalah penting. Kurma yang kaya akan tembaga, selenium, dan magnesium, ternyata berkontribusi untuk kesehatan tulang. Buah kurma juga kaya vitamin K yang membantu mengatur pembekuan darah dan membantu metabolisme tulang Anda.

Baik untuk kesuburan

Manfaat kurma di urutan terakhir ini jarang diketahui. Di balik banyak manfaatnya, kurma rupanya baik untuk kesuburan. Ada berbagai vitamin dan mineral yang dalam jenis kurma tertentu yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Salah satunya meningkatkan jumlah sperma dan libido seksual.

Melansir dari Med Life, beberapa penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi kurma dengan cara yang benar juga akan menyebabkan peningkatan ukuran testis pada pria dan peningkatan ukuran payudara untuk wanita. Manfaat untuk kesuburan tersebut, diketahui didapat dari flavonoid dan berbagai asam amino dalam kurma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini