5 Olahraga yang Bisa Dilakukan meski Sedang Puasa

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 481 2393721 5-olahraga-yang-bisa-dilakukan-meski-sedang-puasa-hjBSx61gkl.jpg Ilustrasi olahraga di bulan puasa. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

MESKI sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, olahraga bisa tetap dijalankan lho. Pasalnya, Anda masih mengonsumsi makanan saat berbuka dan sahur, dan jika dibiarkan akan menimbulkan penimbunan lemak.

Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan ketika berpuasa, karena dapat memicu dehidrasi yang berakibat kelelahan atau bahkan cedera.

Seperti dilansir laman Saycheers, Selasa (13/4/2021), berikut lima olahraga ringan yang cocok dilakukan saat sedang puasa.

Baca juga: Puasa, Ini 7 Cara Berhenti Merokok, Dicoba Yuk! 

1. Joging atau treadmill ringan

Joging dengan intensitas ringan sangat baik dilakukan saat berpuasa. Joging bisa kita lakukan beberapa jam setelah makan pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Joging di pagi hari membuat tubuh tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyak energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan. Lakukan joging ringan selama 20 hingga 30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun pertahankan intensitas joging ringan untuk mencegah dehidrasi berlebihan.

2. Jalan santai

Jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk joging, jalan santai bisa menjadi alternatif. Jalan-jalan santai sangat bagus untuk kesehatan tulang belakang dan otot jantung.

Sebanyak 10 ribu langkah per hari dapat mencegah osteoporosis. Namun, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti pada sore hari menjelang buka puasa.

Olahraga. (Foto: Senivpetro/Freepik)

3. Bowling

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang cenderung pada bentuk permainan. Olahraga ini membantu tubuh lebih rileks. Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga bisa kita lakukan selama berpuasa.

Kita bisa bermain bowling sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh agar stamina tetap terjaga.

4. Latihan beban

Latihan beban bisa dilakukan saat puasa. Pilih beban yang tidak terlalu berat. Lakukan angkat beban secara perlahan agar otot tidak kram. Anda bisa melakukannya di rumah saat sore hari menjelang buka puasa.

Baca juga: 5 Cara Pintar Ajarkan Anak Puasa Supaya Terasa Lebih Menyenangkan 

5. Senam

Senam tidak membutuhkan gerakan yang terlalu menguras tenaga. Itulah sebabnya senam menjadi olahraga yang tepat dilakukan saat puasa.

Prosesi senam yang menitikberatkan pada latihan teknik pernapasan akan membantu proses pemasokan oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap jernih, tenang, dan nyaman selama berpuasa.

Senam juga membantu proses detoksifikasi tubuh lebih maksimal. Lakukan selama 15 hingga 30 menit pada sore hari sebelum berbuka puasa.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini