Olahraga Ringan hingga Penuhi Asupan Bernutrisi, Tips Sehat saat Puasa

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 481 2393757 olahraga-ringan-hingga-penuhi-asupan-bernutrisi-tips-sehat-saat-puasa-uAcfJ7omdQ.jpg Ilustrasi puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)

IBADAH puasa Ramadhan 1442 Hijriah sudah mulai dijalankan oleh umat Islam di dunia. Tips sehat pun bisa diterapkan supaya selalu lancar melakukan ibadah puasa.

Meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kaum Muslimin dapat tetap berolahraga lho. Dengan berolahraga, tubuh akan lebih sehat.

Tetapi yang perlu diperhatikan ialah jangan memaksakan diri melakukan olahraga jika tubuh dirasa sudah tidak mampu.

Dirangkum dari video di kanal YouTube SKWAD Fitness, Selasa (13/4/2021), berikut tips sehat dan aman saat melaksanakan ibadah puasa.

Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan meski Sedang Puasa 

1. Olahraga ringan

Olahraga ringan yang dapat dilakukan saat puasa seperti jalan cepat, joging, senam, dan bersepeda. Olahraga tersebut bisa dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Jika tubuh dirasa mampu, maka diperbolehkan menambah intensitas waktu berolahraga.

Olahraga lari. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

2. Olahraga sesudah sahur, menjelang berbuka, atau setelah berbuka puasa

Berolahraga setelah sahur dapat dilakukan karena cadangan energi tubuh masih banyak, tetapi tetap harus melakukan olahraga ringan ya.

Melakukan olahraga bisa ketika menjelang berbuka puasa. Energinya yang hilang bisa tergantikan saat berbuka puasa.

Jika ingin melakukan olahraga berat, tetap bisa dilakukan setelah berbuka puasa atau malam hari. Tetapi tetap harus memiliki jeda waktu setelah berbuka puasa, minimal 1 jam.

Baca juga: 5 Cara Pintar Ajarkan Anak Puasa Supaya Terasa Lebih Menyenangkan 

3. Mengonsumsi asupan nutrisi dengan baik

Saat sedang sahur, konsumsilah makanan berkarbohidrat kompleks. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks lebih lama melepas cadangan energi yang membuat lebih lama menahan rasa lapar. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya gandum, kacang-kacangan, beras merah, dan sayuran. Lalu penuhi juga nutrisi protein dan gula.

4. Cukupi cairan tubuh usai berbuka puasa

Minumlah air putih minimal 2 liter per hari. Tubuh akan kekurangan cairan saat berpuasa, apalagi jika ditambah dengan melakukan olahraga. Hindarilah meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau soda.

Baca juga: 4 Minuman Nikmat dan Praktis untuk Buka Puasa Hari Pertama 

5. Jangan paksakan diri

Jika tubuh sudah merasa lemas, gemetar, pusing, mata berkunang-kunang, keringat dingin, dan sempoyongan, jangan melanjutkan olahraga. Jangan paksakan diri untuk terus berolahraga, karena hal tersebut dapat membahayakan diri dan kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini