Tidak Disangka, 5 Bahan Rumahan Ini Efektif Hilangkan Ketombe

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 481 2393782 tidak-disangka-5-bahan-rumahan-ini-efektif-hilangkan-ketombe-GRE7SaiKJS.jpg Ilustrasi rambut berketombe. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

KETOMBE terjadi akibat pelepasan sel kulit mati dari kulit kepala. Kulit ini mengganti dirinya sendiri setiap 4 minggu. Beberapa orang mengalami serpihan kulit ketombe yang mengelupas setiap hari. Ketika terdapat banyak serpihan, ketombe menjadi masalah estetika yang bisa menimbulkan rasa malu.

Rasa gatal yang ditimbulkan ketombe juga dapat menyebabkan infeksi kulit kepala dari bakteri di tangan dan di bawah kuku yang berpindah ke kepala.

Sebagaimana dilansir laman id.iherb, Selasa (13/4/2021), berikut lima bahan rumahan yang efektif menghilangkan ketombe.

Baca juga: Rambut Tipis Juga Harus Tetap Dirawat, Simak Caranya 

1. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa terbukti ampuh untuk menghilangkan ketombe akibat dermatitis atau kulit kepala kering. Aromanya juga harum dan mengandung lemak bermanfaat yang mengembalikan kelembapan pada kulit kepala serta rambut.

Sebelum mandi, pijat kulit kepala dengan tiga hingga lima sendok makan minyak kelapa. Tidak perlu memanaskan minyak kelapa dengan kompor, tapi bisa dihangatkan dengan cara digosok di tangan saja.

Biarkan minyak kelapa menempel di kulit kepala selama sekira 1 jam. Lalu keramas untuk membersihkan minyak kelapa dan dilanjutkan dengan kondisioner rambut jika diinginkan.

Minyak kelapa. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Pakai gel lidah buaya

Jika dermatitis atau jamur telah menyebabkan kulit kepala gatal yang hebat, dan semua goresan yang diakibatkannya menyebabkan ketombe, cobalah lidah buaya. Gel lidah buaya membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala sebelum keramas. Biarkan selama sekira 15 hingga 30 menit, kemudian keramas seperti biasa. Gel lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi dan gatal akibat sengatan matahari di kulit kepala.

Baca juga: Tips Ampuh Atasi Rambut Kering, Salah Satunya Jangan Keramas Setiap Hari 

3. Gosokkan bubuk soda kue

Bahan dasar dari dapur ini juga bisa membantu menghilangkan ketombe yang mengganggu. Soda kue adalah obat penting untuk banyak penyakit kulit. Gunakan soda kue untuk menghilangkan ketombe, mulailah dengan rambut bersih dan basah.

Gosokkan segenggam soda kue langsung ke kulit kepala dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Soda kue berfungsi mengurangi jamur yang tumbuh di kulit kepala yang berkeringat dan berminyak.

Beberapa orang menemukan penggunaan soda kue menyebabkan kekeringan. Ini normal, dan setelah beberapa minggu, kulit kepala kembali memproduksi minyak alami dalam jumlah yang tepat. Setelah menggunakan soda kue, banyak orang merasa rambut mereka lebih lembut dan rasa gatal di kulit kepala mereka berkurang.

4. Gunakan garam

Garam meja biasa atau garam laut dapat membantu menghilangkan serpihan ketombe dari rambut. Gosokkan satu atau dua sendok makan garam ke kulit kepala saat rambut kering. Sifat abrasif garam membantu menghilangkan kulit kering dan bersisik.

Mintalah bantuan orang lain untuk memijat garam ke kulit kepala. Setelah melakukan ini, keramas seperti biasa untuk membilas serpihan kulit dan menghilangkan garam dari rambut. Perawatan ini bisa dilakukan sesering yang dibutuhkan.

Baca juga: 6 Cara Mudah dan Cepat Menata Rambut, Pas jika Sedang Buru-Buru 

5. Pakai bawang putih

Bawang putih adalah agen antimikroba yang manjur. Ini sangat cocok untuk menghilangkan bakteri penyebab ketombe. Beberapa siung bawang putih segar bisa dihancurkan atau dicincang dan dioleskan ke kulit kepala.

Banyak orang menganggap aroma bawang putih sangat menyengat, untuk mengurangi bau bawang putih, campurkan dengan beberapa sendok teh madu. Pijat campuran tersebut ke kulit kepala dan biarkan selama 30 hingga 60 menit. Cuci rambut seperti biasa, lakukan ini sekali seminggu.

Bawang putih. (Foto: Stevepb/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini