Kemenkes Imbau Tak Perlu Bawa Anak di Bawah Usia 10 Tahun Tarawih di Masjid

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 481 2393814 kemenkes-imbau-tak-perlu-bawa-anak-di-bawah-usia-10-tahun-tarawih-di-masjid-jclObrfP0j.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Penyebaran virus corona penyebab Covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat. Hal ini harus benar-benar dipahami semua orang dan karena itu menjalankan protokol kesehatan secara disiplin di bulan Ramadhan harus dilakukan.

Salah satu upaya untuk menekan penyebaran atau meminimalisir terpapar Covid-19 pada anak-anak adalah dengan tidak mengajak mereka ke masjid untuk tarawih bersama. Saran ini disampaikan Kementerian Kesehatan sebagai upaya menekan risiko yang mungkin saja terjadi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu membawa anak di bawah 10 tahun ke masjid untuk melakukan salat tarawih bersama," kata Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan pers virtual, belum lama ini.

Sholat Tarawih

Namun, sambung Nadia, jika ada orangtua yang ingin membawa anak ke masjid untuk tarawih bersama, Anda sebagai orangtua harus memastikan kalau si anak dapat dengan sangat baik mengikuti seluruh rangkaian solat tarawih di tempatnya.

"(Kalau mau ngajak anak berusia di bawah 10 tahun) pastikan anak tersebut bisa duduk dan mengikuti seluruh rangkaian tarawih dan tadarusan dengan baik dan tenang," tambah Nadia.

Baca Juga : WHO: Pandemi Covid-19 Masih Jauh dari Selesai

Artinya, si anak tidak lari-larian di area masjid yang mana ini ternyata bisa merugikan orang lain. Bukan hanya mengurangi kekhidmatan jamaah masjid dalam beribadah, tapi juga ternyata dapat menyebarkan virus yang mungkin dibawa si anak.

Itu juga yang menjadi landasan Kemenkes mengimbau agar anak-anak di bawah usia 10 tahun tidak diajak solat tarawih ke masjid.

"Ya, karena penting supaya menjaga anak-anak tidak berisiko tertular Covid-19 yang mungkin dibawa jamaah masjid lainnya dan juga menjaga anak tersebut tidak menularkan ke orang lain," papar Nadia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini