Kejar Target, Pemerintah Perlu Perbanyak Vaksinasi Keliling

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 481 2394032 kejar-target-pemerintah-perlu-perbanyak-vaksinasi-keliling-eBJtAgBlgb.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PROGRAM vaksinasi Covid-19 tak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan, namun juga pusat perbelanjaan atau ruang publik lainnya. Apakah aman dan ada tenaga medis yang mengawasi?

Misalnya saja vaksinasi Covid-19 di Tangerang, Banten, berjalan sesuai target di sentra vaksinasi di QBig BSD City. Para lansia dan pekerja publik menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua.

dr Jolinda Johary, M.Med dari SehatQ mengatakan, jika dilakukan di ruang publik, maka akselerasi program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lebih luas. Cakupan target pun bisa banyak dan diharapkan tepat sasaran.

 vaksin

"Vaksinasi keliling ini bisa menjadi prioritas di zona merah atau wilayah yang rentan mengalami penyebaran Covid-19 dengan cepat," ucapnya lewat keterangan resmi.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 pun harus dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan 4M secara ketat, yaitu menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan dengan rutin.

Dokter atau tenaga medis lainnya menjadi vaksinator di sini. Jadi ketika ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) atau keluhan lain, Anda diarahkan untuk menghubungi tenaga medis.

Biasanya tertera di kartu vaksinasi yang sudah diberikan kepada Anda. Tak perlu khawatir, dokter pun akan merespon dan memberi solusinya.

Jadi, menurut dr Jolianda, dengan cara seperti ini, bisa mendukung pemerintah dalam akselerasi atau percepatan program vaksinasi Covid-19. Dengan begitu, akan ada semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin Covid-19.

"Sehingga bisa menghentikan rantai penyebaran infeksi virus yang telah menyebabkan pandemi selama lebih dari setahun terakhir," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini