Jangan Takut Muncul Jerawat, Cegah dengan 7 Cara Jitu Ini

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 611 2393735 jangan-takut-muncul-jerawat-cegah-dengan-7-cara-jitu-ini-9qiquyAJkK.jpg Ilustrasi kulit wajah bebas jerawat. (Foto: Senivpetro/Freepik)

JERAWAT merupakan salah satu masalah kulit yang pernah dialami oleh hampir setiap orang. Kemunculan jerawat bisa mengganggu penampilan, maka itu harus segera diatasi sebelum bertambah parah.

Nah, ada beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat. Apa saja? Simak penjelasannya, seperti dirangkum dari laman Webmd, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: 10 Cara Aman Merawat Kulit Wajah meski Sedang Muncul Jerawat 

1. Gunakan riasan secukupnya.

Selama kulit wajah sedang bermasalah, hindari memakai alas bedak, bedak, atau blush on. Jika memakai riasan, bersihkan wajah sebelum tidur malam. Jika memungkinkan, pilih kosmetik bebas minyak tanpa pewarna dan bahan kimia tambahan. Pilih riasan berlabel "noncomedogenic" yang berarti tidak menyebabkan jerawat. Baca juga daftar bahan pada label produk sebelum membeli.

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

2. Perhatikan apa yang dipakai pada rambut.

Hindari penggunaan pewangi, minyak, pomade, atau gel pada rambut. Jika mengenai wajah, produk itu dapat menyumbat pori-pori kulit dan mengiritasi kulit. Gunakan sampo dan kondisioner yang lembut. Rambut berminyak dapat menyebabkan minyak di wajah, jadi sering-seringlah mencuci rambut.

3. Hindari makanan berminyak

Makanan tertentu seperti coklat tidak menyebabkan jerawat. Tetapi tetap saja harus menghindari makanan berminyak dan makanan cepat saji, lalu lebih banyak mengonsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian segar. Produk susu, makanan tinggi gula, dan makanan olahan dapat memicu timbulnya jerawat.

Baca juga: Tips Hilangkan Bekas Jerawat yang Murah Meriah 

4. Cobalah produk penghilang jerawat

Produk penghilangan jerawat ini tidak membutuhkan resep. Kebanyakan memiliki bahan seperti benzoyl peroxide, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat. Ini dapat menyebabkan pengeringan atau pengelupasan. Pilihan lainnya adalah gel retinoid topikal OTC baru (Differin 0,1 persen gel). Gel ini bekerja benar-benar mencegah pembentukan jerawat. Gunakan produk ini dengan hati-hati jika memiliki kulit sensitif.

5. Pakai pelembap.

Banyak produk jerawat yang mengandung bahan yang dapat mengeringkan kulit, jadi selalu gunakan pelembap yang meminimalkan kekeringan dan pengelupasan kulit. Carilah label "noncomedogenic" di label yang artinya tidak menyebabkan jerawat. Pasalnya, ada pelembap yang dibuat untuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi.

Baca juga: Lidah Buaya Bikin Wajah Cantik Alami, Bisa Jadi Obat Jerawat! 

6. Olahraga setiap hari

Olahraga yang teratur baik untuk seluruh tubuh, termasuk kulit. Saat berolahraga, hindari mengenakan pakaian atau menggunakan alat olahraga yang menggosok kulit dan dapat menyebabkan iritasi. Mandilah segera setelah berolahraga.

7. Hindari stres

Beberapa penelitian mengaitkan stres dengan parahnya jerawat. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat Anda merasa stres, lalu cari solusinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini