Konsumsi 3 Buah Ini untuk Lebih Mencerahkan Kulit

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 611 2394208 konsumsi-3-buah-ini-untuk-lebih-mencerahkan-kulit-4ujcy4dPEq.jpg Ilustrasi kulit cerah. (Foto: Valuavitaly/Freepik)

KULIT adalah organ tubuh yang memberikan peran penting dalam melindungi tubuh dari kontak dengan mikroba, infeksi, dan kuman. Selain itu, kulit membantu menyesuaikan suhu tubuh. Dikarenakan selalu terpapar langsung dengan lingkungan luar, sangat penting memberinya perlindungan dan perawatan yang memadai.

Saat ini ada berbagai produk perawatan kulit yang tersedia. Tapi kebanyakan mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan jika digunakan dalam jangka panjang. Jadi, apa solusi terbaiknya?

Baca juga: 10 Cara Aman Merawat Kulit Wajah meski Sedang Muncul Jerawat 

Jawabannya sederhana, yaitu tambahkan buah-buahan ke dalam menu makanan harian. Buah mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Mengonsumsi buah secara teratur akan memperbaiki warna kulit, menghilangkan penumpukan racun di tubuh.

Dengan makan lebih banyak buah, seseorang bisa memiliki kulit yang bercahaya secara alami tanpa menggunakan produk buatan dan komersial. Dilansir dari laman ahjoo, Rabu (14/4/2021), berikut buah-buahan yang dapat mencerahkan kulit.

Lemon. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

1. Lemon

Lemon yang disebut sebagai "pemutih alami" bisa membantu mencerahkan serta memutihkan kulit dengan aman. Terlepas dari dua manfaat tersebut, lemon membantu membuat warna kulit lebih baik, mengurangi noda dan bekas jerawat. Jadi jika menginginkan sesuatu yang dapat mengurai kotoran tersumbat di pori-pori kulit, ini adalah pilihan terbaik. Untuk mendapatkan hasil terbaik, minumlah segelas penuh air lemon dan madu, sebaiknya di pagi hari saat perut kosong.

2. Pepaya

Pepaya banyak digunakan dalam bentuk losion, pembersih, sabun, dan kulit wajah. Disarankan mengonsumsi pepaya secara rutin untuk mendapatkan kulit yang awet muda dan bercahaya. Pepaya kaya karoten, vitamin A, dan enzim penting lainnya seperti papain. Enzim ini mempercepat regenerasi sel dan merupakan antioksidan.

Baca juga: 5 Minyak Terbaik untuk Kulit, Melembapkan hingga Obati Eksim 

3. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C dan asam alfa hidroksil. Asam hidroksil juga dikenal sebagai asam salisilat, menembus kulit, membantu membersihkannya dari dalam. Ini bermanfaat membuka pori-pori dan mengurangi pembentukan jerawat. Melalui asam ellagic, antioksidan kuat, stroberi membuat kulit bersinar dan mencegah pembentukan kerutan.

Mencerahkan kulit tidak selalu membutuhkan penggunaan krim komersial dengan banyak bahan kimia berbahaya. Sebaliknya, ada berbagai buah yang tersedia yang akan membantu mencapai kecantikan warna kulit .

Tiga buah tersebut telah terbukti mengandung banyak nutrisi dan bahan penting yang bermanfaat bagi wajah jika dioleskan langsung ke kulit. Anda dapat dengan mudah menemukannya di pasar. Ini adalah pilihan yang terjangkau dan efektif untuk merawat kulit dibandingkan krim atau losion mahal lainnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini