Tips Tidur Cepat agar Tak Telat Bangun Sahur

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 612 2393962 tips-tidur-cepat-agar-tak-telat-bangun-sahur-2panTLH3OA.jpg Tidur (Foto: Times of India)

Gangguan tidur yang paling umum seperti insomnia, sindrom kaki gelisah, narkolepsi, kecemasan dan depresi, menyebabkan kesulitan tidur. Tetapi terkadang kesulitan tidur dikaitkan dengan kebiasaan gaya hidup kita.

Dilansir dari Sleepscore, kesulitan tidur sangat mengganggu kesehatan dan rutinitas aktivitas kita. Apalagi saat bulan puasa kita harus bangun sahur, oleh karena itu mari kita coba cara agar bisa tidur cepat.

tidur

1. Atur jadwal

Menjaga jadwal tidur yang konsisten dapat membantu mendapatkan manfaat penuh dari istirahat malam yang nyenyak. Cobalah memilih waktu secara konsisten untuk tidur dan menaatinya. Misalnya mulai tidur pukul 22.00 malam, supaya bangun sahur tidak telat.

2. Hentikan konsumsi kafein

Kafein adalah stimulan yang mengganggu tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum minuman berkafein secara signifikan mengganggu jadwal tidur. Mengurangi jumlah kafein enam sampai delapan jam sebelum tidur atau menggunakan alternatif kafein dapat membantu lebih mudah tertidur dan memiliki lebih sedikit gangguan sepanjang malam.

3. Batasi paparan cahaya

Paparan cahaya mengurangi pelepasan melatonin hormon yang memberi tahu otak jika sudah saatnya tidur. Mengurangi paparan cahaya di malam hari dapat membantu tubuh menjadi tenang dan cepat tertidur.

4. Olahraga teratur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat berdampak positif pada berapa lama anda tertidur, dan berapa kali anda bangun di malam hari. Olahraga juga menunjukkan efek tidur yang positif pada orang tua dan orang dengan insomnia.

5. Santai dan lepas penat

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dan kekhawatiran menyebabkan gangguan tidur. Memahami stres adalah langkah awal yang baik untuk membangun kebiasaan sehat untuk bersantai.

Sebelum tidur, cobalah bermeditasi, gunakan campuran minyak esensial untuk tidur, atau mandi atau berendam untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran. Rutinitas waktu tidur yang menenangkan dapat membantu anda menghilangkan stres dan lebih mudah tertidur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini