Bahagianya Orang yang Berbuka Puasa, Inilah Doanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 612 2394004 bahagianya-orang-yang-berbuka-puasa-inilah-doanya-HfRPrqdNHY.jpg Ilustrasi doa buka puasa. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

RAMADHAN 1442 Hijriah sudah memasuki hari pertama. Di mana semua umat Islam di dunia menjalankan ibadah puasa. Berbuka puasa ketika waktu azan magrib adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu.

Baca juga: Lakukan 3 Hal Penting Ini Sebelum Vaksinasi Covid-19 saat Puasa Ramadhan 

Namun sebelum menyantap makanan, baiknya membaca doa terlebih dahulu supaya lebih berkah serta makanan yang disantap lebih nikmat.

"Doa berbuka puasa umumnya sama saja, baik puasa sunah atau qadha," kata Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Ilustrasi doa buka puasa. (Foto: Shutterstock)

Berikut doa ketika berbuka puasa dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam. Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Ada makna yang sangat baik di balik doa berbuka puasa. Di mana mengajak semua Muslim selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan magrib berkumandang.

Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan meski Sedang Puasa 

Kemudian, berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam pun meminta kepada seluruh umatnya agar menyegerakan berbuka puasa. Dianjurkan untuk bersegera berbuka puasa ketika matahari terbenam.

Hal ini berdasarkan riwayat dari Umar bin Khathab Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا أقْبَلَ اللَّيْلُ مِن هَا هُنَا، وأَدْبَرَ النَّهَارُ مِن هَا هُنَا، وغَرَبَتِ الشَّمْسُ فقَدْ أفْطَرَ الصَّائِمُ

Artinya: "Jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka." (HR Bukhari Nomor 1954, Muslim Nomor 1100)

Baca juga: 5 Kegiatan Berfaedah yang Bisa Dilakukan Jelang Buka Puasa 

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

لا يزالُ النَّاسُ بخَيرٍ ما عجَّلوا الفِطرَ عجِّلوا الفطرَ

Artinya: "Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

Wallahi a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini