Penderita Maag yang Puasa, Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 612 2394014 penderita-maag-yang-puasa-jangan-langsung-tidur-setelah-sahur-2NgSHfqTHD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAMA seperti setahun lalu, puasa tahun ini harus berjalan di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga reda. Meskipun, tercatat sudah ada penurunan jumlah mereka yang positif.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan masih menjadi hal utama yang harus dilakukan agar terhindar dari virus corona. Pasalnya, ketika imunitas kita turun, maka kita akan mengalami sakit yang lebih parah saat terpapar Covid-19.

Nah, bagaimana dengan penderita maag yang masih ingin berpuasa? Perlu diingat bahwa penderita maag butuh trik khusus agar nyaman menjalankan puasa tersebut. Untuk itu, simak sejumlah tips puasa berikut:

Puasa

Hindari Makanan Pedas

Tips puasa untuk penderita maag yang enggak kalah pentingnya adalah menghindari makanan pedas saat sahur maupun berbuka. Makanan pedas dan juga mengandung banyak lada dapat membuat perut iritasi dan menurunkan fungsi dinding lambung yang berbahaya untuk penderita maag.

Hindari Makanan Mengandung Gas

Tips puasa untuk penderita maag selanjutnya adalah menghindari makanan bergas, seperti sawi, kol, nangka, dan pisang ambon. Kandungan gas yang tinggi pada makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung dan memicu penyakit maag kambuh saat menjalani ibadah puasa.

Konsumsi Makanan yang Lambat Dicerna

Makanan yang tinggi akan serat seperti almond, pisang, oatmeal, kentang, dan gandum utuh adalah makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat sahur. Sebab, makanan tersebut lambat dicerna oleh tubuh dan dapat menghindari kambuhnya maag saat berpuasa.

Wajib Makan Sahur

Seringkali orang-orang melewatkan makan sahur karena masih mengantuk. Padahal waktu sahur merupakan jam yang tepat untuk makan bagi penderita maag sebelum puasa. Perlu diketahui, sahur diperlukan untuk mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat puasa.

Hindari Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur memang menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal kebiasaan ini adalah kebiasaan buruk untuk para penderita maag. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung dan membuat mual. Untuk kamu penderita maag disarankan untuk enggak tidur setelah sahur, jadi kamu bisa memilih waktu sahur di akhir waktu agar bisa melanjutkan dengan aktivitas sehari-hari.

Tips puasa untuk penderita maag lainnya adalah hindari makanan berlemak & digoreng, perbanyak minum air putih, dan jangan lupa untuk menghindari stres. Salah satu cara untuk menghindari stres adalah pijet saat malam hari setelah berbuka puasa untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini