Hamil Setelah Usia 35 Bisa Sebabkan Kelainan seperti Aprillia Manganang Loh

MNC Media, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 612 2394073 hamil-setelah-usia-35-bisa-sebabkan-kelainan-seperti-aprillia-manganang-loh-Lm5jqexlab.jpg Podcast RCTI+

PERUBAHAN kelamin atlet Voli Indonesia Aprillia Manganang memang cukup membuat geger. Aprillia yang selama ini disebut sebagai perempuan, ternyata terlahir sebagai pria.

Nah, ternyata setelah diselidiki Aprillia memiliki penyakit langka bernama hipospadia. Hipospadia di mana ketika seorang laki-laki namun terlihat seperti perempuan yang akan dibahas langsung oleh dr. Nadia Alaydrus di Podcast Kata Dokter dalam aplikasi RCTI+.

Kelainan ini yang dialami oleh atlet voli nasional Aprilia Manganang yang akhirnya saat dewasa ia ditetapkan sebagai pria setelah sekian lama hidup sebagai perempuan.

Podcast

“Hipospadia itu apa sih? Karena sekarang itu lagi banyak yang bertanya-tanya karena kita tau ya kemarin habis ada berita yang cukup viral karena ada salah satu atlet voli kebanggaan Indonesia namun dia sempat masuk berita karena berada dalam kategori wanita padahal dia itu adalah seorang laki-laki," terangnya.

"Jadi sebenarnya hipospadia adalah sebuah kondisi dimana lubang kencing seorang laki-laki itu letak nya tidak di ujung penis seperti orang normal.” jelas dr Nadia Alaydrus.

“Mungkin saat dia lahir dia itu memiliki kelainan pada sistem reproduksi dan itu yang disebut dengan hipospadia dan kelainan itu memang terjadi sejak lahir,” tambah dr. Nadia.

Lalu apakah yang menjadi penyebab dari hipospadia itu sendiri? Hipospadia disebabkan oleh faktor genetik dan juga multifaktorial dimana banyak faktor termasuk salah satunya itu adalah pola hidup si ibu nah misalnya kehamilan di atas 35 tahun.

"Kehamilan tersebut kita tahu bahwa itu memiliki beberapa resiko atau mengkonsumsi obat-obat yang sifatnya hormonal,” ungkap dr. Nadia Alaydrus.

Lalu apakah gejala dari hipospadia itu sendiri dan bagaimana cara mengetahuinya? Temukan jawabannya hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadya Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini