Luar Biasa, Wortel Ampuh Tingkatkan Kesehatan Mata hingga Jantung

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 298 2394284 luar-biasa-wortel-ampuh-tingkatkan-kesehatan-mata-hingga-jantung-b0WSkISqxi.jpg Wortel. (Foto: Topntp26/Freepik)

WORTEL adalah jenis sayuran akar yang dipercaya sebagai makanan sempurna untuk kesehatan. Sayuran ini memiliki tekstur renyah, gurih, dan bergizi tinggi.

Kebanyakan orang mengetahui wortel bermanfaat untuk kesehatan mata. Namun tahukah Anda, sayuran yang berwarna oranye ini juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan organ lainnya.

Seperti dirangkum dari laman food.ndtv, Rabu (14/4/2021), berikut deretan manfaat wortel untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: 4 Cara Mengobati Jerawat dengan Jus Wortel, Coba Yuk 

1. Meningkatkan kesehatan mata

Wortel telah dianggap sebagai obat tradisional yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penglihatan. Berdasarkan penjelasan di buku Healing food, wortel kaya akan lutein dan likopen yang membantu menjaga penglihatan. Kandungan vitamin A yang tinggi juga membantu meningkatkan penglihatan sehat.

Wortel. (Foto: Freepik)

2. Membantu menurunkan berat badan

Program diet harus memasukkan makanan yang tinggi serat. Kebutuhan tubuh akan serat larut dan tidak larut terkandung dalam wortel. Serat membutuhkan waktu paling lama untuk dicerna dan dengan demikian meningkatkan perasaan kenyang.

3. Menjamin keteraturan usus dan membantu pencernaan

Jumlah serat makanan yang signifikan dalam wortel memberikan peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan yang baik. Serat membuat proses pencernaan menjadi lancar dan mencegah sembelit.

Baca juga: Kaya Keratin, 3 Makanan Ini Jaga Kita Awet Muda Loh 

4. Melawan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung

Serat tinggi dari wortel wortel juga meningkatkan kesehatan jantung dengan membuang kelebihan kolesterol jahat (LDL) dari dinding arteri dan pembuluh darah. Menurut buku Healing Foods, wortel mengandung suatu bentuk kalsium yang mudah diasimilasi oleh tubuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

5. Menurunkan tekanan darah

Kalium dalam wortel membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri. Dengan turunnya ketegangan akan meningkatkan sirkulasi aliran darah serta menurunkan tekanan darah.

Baca juga: 5 Makanan yang Baik untuk Penderita Hipertensi 

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Keajaiban warna merah wortel dapat membantu membuat kulit bercahaya. Selain beta karoten, lutein, dan likopen; kandungan silikon yang tinggi pada akar wortel juga dapat meningkatkan kesehatan kulit serta kuku.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Wortel dikemas dengan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang berkontribusi pada kesehatan tulang, memperkuat sistem saraf, serta membantu meningkatkan kekuatan otak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini