Opor Tuna Kurma, Hidangan Berbuka Puasa yang Menggoyang Lidah!

Hari Tambayong, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 298 2394745 opor-tuna-kurma-hidangan-berbuka-puasa-yang-menggoyang-lidah-SZ54MVyXiQ.jpg Opor tuna kurma (Foto : Hari Tambayong)

Bingung mau masak apa untuk menu buka puasa? Mungkin menu yang satu ini bisa menjadi menu buka puasa bersama keluarga, opor tuna kurma.

Kalau biasanya opor menggunakan bahan daging ayam, kali ini coba diganti dengan tuna. Dipadukan dengan manisnya kurma menciptakan sensasi rasa berbeda.

"Mengeluarkan kreasi menu baru cocok dinikmati saat bulan ramadhan yang saya pakai tidak harus menggunakan ayam, ikan juga bisa sebagai salah satu bahan opor. Dikombinasi dengan kurma gurih dan manis. Manfaat kurma kaya gizi dan bisa mengembalikan stamina," jelas Ervin Triana, Excecutive Chef salah satu hotel di Surabaya.

Opor Tuna Kurma

Bagi penikmat kuliner, opor tuna kurma ini memang memiliki sensasi berbeda. Karena lembutnya tekstur daging ikan tuna dan bumbu rempah opor yang mudah meresap menjadikan kuliner ini begitu menggoyang lidah.

"Rasanya enak juga ini opornya, ayam lengkuasnya mantap, wangi juga rempahnya, empuk, enak pas," ujar Alfred penikmat opor tuna kurma.

Baca Juga : Resep Opor Ayam Telur, Enak Dimakan Pakai Nasi Hangat

Untuk membuat opor tuna kurma ini cukup mudah kok. Pertama, siapkan daging ikan tuna segar, bawang merah, bawang putih, kemiri serai, jahe, laos, serta daun jeruk. Kemudian, siapkan juga gula, garam dan bubuk merica, serta santan.

Untuk proses memasaknya, pertama rempah-rempah, bawang merah, bawang putih, laos, kemiri, jahe dihaluskan. Setelah dihaluskan, bumbu rempah ditumis bersama daun jeruk dan serai hingga wangi. Lalu, masukkan daging ikan tuna segar kemudian tumis, masukkan air putih secukupnya, serta sedikit santan dan aduk hingga mendidih.

Langkah selanjutnya, masukkan irisan buah kurma dan rebusan sayuran wortel serta brokoli. Masak hingga matang sempurna.

Setelah matang, opor tuna kurma pun siap disajikan. Dalam menu ini kandungan kurma diyakini dapat menambah stamina saat berbuka setelah seharian berpuasa.

Hmmmm...Bagaimana, nikmat bukan kuliner opor tuna kurma ini? Anda pun bisa mencobanya di rumah, selamat mencoba!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini