Positif Covid-19, Nadya Mustika Istri Rizki 2R Boleh Beri ASI ke Bayinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 481 2394312 positif-covid-19-nadya-mustika-istri-rizki-2r-boleh-beri-asi-ke-bayinya-utf20ybnde.jpg Nadya Mustika Rahayu istri Rizki 2R. (Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)

NADYA Mustika, istri Rizki 2R, baru saja melahirkan anak pertamanya. Ia melahirkan dalam kondisi positif covid-19. Meski begitu, bayi mungilnya dinyatakan negatif.

Ridho, kembaran Rizki, menceritakan kemungkinan Nadya Mustika bisa terpapar covid-19 akibat aktivitasnya yang lumayan padat sebelum persalinan. Saat ini Nadya sedang menjalani isolasi di ruangan terpisah dengan bayinya yang lahir berbobot 2,95 kilogram dan tinggi 51 sentimeter.

Baca juga: Rizki 2R Resmi Jadi Ayah, Nadya Mustika Positif Covid-19 saat Melahirkan 

Perasaan sedih pasti menyelimuti Nadya dan Rizki. Momen bahagia yang seharusnya mereka rayakan usai sang bayi terlahir, harus mereka pendam karena kesedihan di sisi lain yang dirasakan bersamaan.

(Foto: Instagram @nadyamustikarahayu)

Tapi, Nadya Mustika yang terpapar covid-19 usai melahirkan ternyata tidak masalah jika ingin memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayinya. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia.

"Ibu yang terjangkit covid-19 dapat menyusui bayinya jika mereka ingin melakukannya," terang WHO Indonesia.

Baca juga: Nadya Mustika Positif COVID-19 saat Lahiran, Ridho 2R Beberkan Kondisi Bayi Rizki 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya pemberian ASI tetap aman kepada si bayi, antara lain:

1. Menjaga kesehatan pernapasan dan memakai masker.

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi.

3. Rutin membersihkan permukaan untuk membasmi kuman.

Sementara WHO Indonesia pun memberi alternatif pilihan pada ibu positif covid-19 yang merasa sangat tidak sehat untuk tetap bisa memberikan ASI-nya. Berbagai cara tersebut yaitu:

Baca juga: Nadya Mustika Melahirkan, Rizki 2R: Senang, Haru, Jadi Bapak 

1. Memompa ASI

2. Relaktasi

3. Mendapatkan donor ASI

Perhatikan kebersihan saat memerah ASI. Gunakan cangkir bermulut lebar untuk memberikan ASIP (berikan ASI perah) kepada bayi. Gunakan wadah dengan tutup untuk menyimpan ASI perah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini