Tes Swab Tidak Membatalkan Puasa Ramadhan, Ini Penjelasan Medisnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 481 2394357 tes-swab-tidak-membatalkan-puasa-ramadhan-ini-penjelasan-medisnya-tEB7TEi0ji.jpg Tes swab untuk mendeteksi covid-19. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

SELAMA masa pandemi covid-19, tes swab telah menjadi hal biasa yang dilakukan masyarakat sebelum melakukan aktivitas penting. Tes ini berguna untuk memastikan seseorang terbebas dari covid-19 sehingga aman menjalankan kegiatannya.

Tapi apakah tes swab selama bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa?

Baca juga: Fatwa MUI: Tes Swab Lewat Mulut atau Hidung Tak Membatalkan Puasa 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Rabu (14/4/2021), test swab secara medis adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus dengan cara pengambilan sampel dahak, lendir, atau cairan.

Sampel dahak atau cairan ini diambil dari nasofaring atau bagian pada tenggorokan bagian atas yang terletak di belakang hidung dan di balik langit-langit rongga mulut. Kemudian juga diambil dari orofaring atau bagian antara mulut dan tenggorokan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun telah menerbitkan Fatwa Nomor 23 Tahun 2021 tentang Hukum Tes Swab untuk Deteksi Covid-19 saat Berpuasa.

Baca juga: China Bakal Campur Beberapa Merek Vaksin Covid-19, Ini Respons Kemenkes 

Terdapat dua hal yang ditegaskan MUI dalam fatwanya, yakni:

1. Pelaksanaan tes swab tidak membatalkan puasa.

2. Umat Islam yang sedang berpuasa diperbolehkan melakukan test swab untuk deteksi covid-19.

Oleh karena itu, berpuasa tidak menjadi alasan bagi masyarakat untuk tidak melakukan tes covid-19. Kemudian penerapan protokol kesehatan 5M yakni Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menggunakan masker, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas harus terus dilakukan secara displin untuk mengurangi persebaran virus corona di tengah masyarakat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini