Benarkah Radiasi Sinyal Wi-Fi Memicu Kanker? Ini Faktanya

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 481 2394620 benarkah-radiasi-sinyal-wi-fi-memicu-kanker-ini-faktanya-pntEVOpksN.jpg Ilustrasi wi-fi. (Foto: Paul Hanaoka/Unsplash)

BEBERAPA waktu lalu beredar informasi radiasi sinyal wi-fi bisa memicu sakit kanker. Isu tersebut tersebar luas di linimasa media sosial hingga aplikasi pesan singkat. Tidak jelas berasal dari mana informasi itu.

Baca juga: Dampak Radiasi bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin 

Isu tersebut beredar di aplikasi pesan singkat WhatsApp. Isinya menceritakan seorang anak bernisial ZRK terserang kanker darah akibat radiasi gawai, termasuk wi-fi.

Hoax. (Foto: Freepik)

Merespons hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Kominfo menjelaskan bahwa ponsel memang bekerja dengan sistem radiasi atau lebih tepatnya gelombang radio. Tapi, belum ada penelitian yang menegaskan radio ponsel dapat menyebabkan kanker.

Baca juga: Kenali Dampak Radiasi dan Cara Menghindarinya 

"Nyatanya, belum ada bukti jelas yang mengatakan hal tersebut," jelas Kominfo, seperti dikutip dari unggahan di akun Twitter resminya, Kamis (15/4/2021).

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini