Moderna Klaim Vaksin Buatannya Beri Perlindungan Selama 6 Bulan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 481 2394688 moderna-klaim-vaksin-buatannya-beri-perlindungan-selama-6-bulan-znhhvzF5Ao.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Biospace)

Salah satu produsen vaksin Covid-19, Moderna baru saja mengeluarkan pernyataan terkait lama durasi proteksi yang bisa diberikan oleh vaksin buatannya terhadap infeksi Covid-19.

Mengutip Reuters, Rabu (14/4/2021) pada Selasa 13 April kemarin, Moderna Inc mengemukakan, vaksin Covid-19 buatannya tetap menunjukkan perlindungan yang kuat melawan penyakit Covid-19 selama enam bulan. Setelah orang yang divaksin dengan vaksin Moderna mendapatkan suntikan dosis keduanya dengan efikasi lebih dari 90 persen terhadap semua tingkat kasus infeksi Covid-19 dan lebih dari 95 persen melawan kasus Covid-19 level parah.

 Vaksin Covid-19

Moderna Inc diketahui lebih lanjut juga mulai menguji versi baru dari vaksin yang menargetkan varian baru dari virus corona, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan dan dikenal sebagai B.1.351.

Dikabarkan, kedua versi vaksin yang sedang dalam tahap pengujian, termasuk di antaranya yakni vaksin multivalen yang menggabungkan vaksin yang baru dirancang dengan yang sebelumnya, meningkatkan titer antibodi penetral terhadap varian yang menjadi perhatian pada tikus, dengan multivalen memberikan tingkat kekebalan terluas.

Per Maret, produsen vaksin asal Massachusetts, Amerika ini sendiri di Maret 2021 sudah mulai menguji tiga pendekatan untuk meningkatkan vaksin untuk melindungi dari varian baru.

Sebagai informasi, vaksin Covid-19 buatan Moderna sejauh ini sudah disetujui untuk digunakan di lebih dari 40 negara di dunia. Vaksin tersebut, diproduksi dengan menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA), yang berisi instruksi bagi sel manusia untuk membuat protein yang meniru bagian dari virus corona.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini