Penderita Hipertensi Tak Mau Pasang Ring Jantung? Terapkan Diet DASH Deh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 481 2394721 penderita-hipertensi-tak-mau-pasang-ring-jantung-terapkan-diet-dash-deh-2oQn6uUo8y.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT jantung koroner memang terjadi lantaran orang mnerapkan gaya hidup tidak sehat. Apalagi, di tengah pandemi ini gaya hidup masyarakat semakin konsumtif dan jarang berolahraga.

Di Indonesia sendiri, penderita penyakit jantung banyak dialani oleh pria golongan lansia. Angka kematiannya pun cukup tinggi, karena mereka tak melakukan perawatan dini terhadap penyakit yang diidapnya.

Dokter Spesialis Jantung, dr Emanoel Oepangat, SpJP, FIHA, mengatakan, bagi seseorang yang berusia senja harus benar-benar menjaga perilaku hidup sehat agar bebas penyakit jantung. Penyakit ini menduduki peringkat kedua, dari 10 penyakit mematikan lainnya.

jantung

"Melakukan deteksi dini guna mencegah gangguan jantung koroner itu perlu. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang takut melakukannya," ujar dr Emanoel saat dihubungi Okezone.

Gangguan jantung, tambah dr Emanoel, paling banyak disebabkan karena arteroksklerosis atau pengapuran lemak. Terjadi pula pelekatan lemak di sekitar pembuluh darah jantung.

Guna menghindari kematian akibat penyakit jantung, seorang pasien dapat melakukan pemasangan ring. Ini merupakan langkah intervensi tindakan yang mudah dilakukan oleh seorang dokter. "Pemasangan ring atau stent dilakukan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat," terang dr Emanoel.

Tak hanya itu, fungsi lainnya bila Anda melakukan pemasangan ring jantung yakni membantu memperlancar aliran darah ke bagian arteri. Dampaknya akan sangat baik bagi seorang penderita jantung.

Senada, Spesialis Jantung Pembuluh Darah dr Siska Suridanda Danny SpJP mengatakan, seorang pasien jantung wajib mengatur pola makannya dengan. Anda harus menjalankan diet yang dikenal dengan istilah diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini menekankan pada pola makan rendah garam.

"Diet DASH sangat disarankan untuk penderita hipertensi agar tidak memicu risiko gangguan jantung. Pasien harus mengurangi makanan tinggi sodium yang bisa berbahaya," ujarnya.

Bila pasien jantung terlalu berlebihan konsumsi makanan bersodium dampaknya menyumbat aliran darah ke arteri. Karena itu, pasien jantung sangat disarankan untuk melakukannya demi mengontrol kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini