Kadang Mirip Sakit Perut, Kenali Tanda Jantung Anda Bermasalah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 481 2394746 kadang-mirip-sakit-perut-kenali-tanda-jantung-anda-bermasalah-A3GlYX9eJr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT jantung memang menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian tinggi di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat (AS), Kanada dan Australia.

Umumnya, penyakit jantung terjadi lantaran gaya hidup tidak sehat yang sudah menahun. Bahkan, dalam beberapa kasus penyakit jantung bisa menyebabkan kematian mendadak.

Gagal jantung juga akibat dari penyakit jantung. Orang yang mengalami gagal jantung akan merasa sesak napas dan dapat terjadi saat jantung terlalu lemah untuk mengedarkan darah.

Sakit Jantung

Beberapa kondisi jantung terjadi tanpa gejala sama sekali, terutama pada orang dewasa yang lebih tua dan para penderita diabetes.

Meski demikian, penyakit jantung juga memiliki gejala atau tanda-tanda yang bisa dikenali. Dilansir Okezone dari Medical News Today, yuk kenali gejala penyakit jantung berdasarkan jenisnya.

Gejala serangan jantung terkadang menyerupai gangguan pencernaan. Mulas dan sakit perut bisa terjadi, begitu pula perasaan berat pada bagian dada.

Gejala serangan jantung lainnya meliputi:

1. Nyeri yang menjalar ke seluruh tubuh, misalnya dari dada ke lengan, leher, punggung, perut, atau rahang.

2. Pusing atau mengalami seperti sensasi pusing

3. Banyak berkeringat

4. Mual dan muntah

Penyakit jantung bawaan juga menjadi masalah lainnya. Tentunya penyakit ini memiliki gejala umum yang jelas terlihat. Beberapa diantaranya adalah berkeringat, tingkat kelelahan yang tinggi, detak jantung dan pernapasan cepat, sesak napas, nyeri dada, warna biru pada kulit, dan kuku jari yang terasa seperti dipukul.

Dalam kasus yang parah, gejala penyakit jantung bawaan ini dapat muncul sejak lahir. Namun, gejala ini mungkin tidak berkembang sampai seseorang berusia lebih dari 13 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini