Belum Lulus Uji BPOM, Gatot Nurmantyo Tetap Yakin Disuntik Vaksin Nusantara

Rakhmatulloh, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 612 2394517 belum-lulus-uji-bpom-gatot-nurmantyo-tetap-yakin-disuntik-vaksin-nusantara-dMdcDuuuGQ.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

INDONESIA akhirnya akan meluncurkan vaksin Covid-19 buatan sendiri. Vaksin tersebut disebut dengan vaksin Nusantara dan akan dilakukan uji coba dalam beberapa hari ini.

Nah, salah satu yang ikut dalam proses vaksinasi vaksin Nusantara adalah Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Gatot mengaku tidak sendirian.

"Tadi ada dari DPR, lintas fraksi, lintas partai, banyak saya enggak tahu namanya. kemudian ada profesor Fahri juga. sama-sama saya," ujarnya di RSPAD Gatot Subroto.

Dia pun mengaku tak ada janjian dengan peserta vaksin yang berada di dalam. Gatot mengaku tak ambil pusing dengan perpsepsi orang bahwa vaksin itu belum lolos uji klinis tahap kedua dari BPOM.

Gatot berdalih bahwa dia lahir di sini (Indonesia) makan di sini minum di sini, di beri ilmu dan dididik seorang prajurit di juga di bumi Pertiwi.

"Kemudian ada hasil karya putra Indonesia yang terbaik Kemudian uji klinik kenapa tidak, apapun saya lakukan. untuk bangsa dan negara ini," ucapnya.

Lebih jauh Gatot mengatakan, dirinya siap divaksin nusantara meski belum ada izin dari BPOM. Ia mengaku ditawari mantan menteri kesehatan, Terawan Agus Putranto sebagai relawan uji klinis.

"Belum disuntik, diambil darahnya dulu, mudah-mudahan ini yang terbaik. ingat kata-kata saya 2 tahun yang akan datang VVIP seluruh dunia pasti menggunakan cara seperti ini mudah-mudahan benar," ucap Gatot.

Sekadar informasi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan pihaknya tidak akan pilih kasih terkait uji klinis vaksin apapun termasuk vaksin Nusantara.

BPOM mengatakan, vaksin Nusantara belum bisa lanjut ke tahap uji klinis selanjutnya karena beberapa syarat belum terpenuhi di antaranya cara uji klinik yang baik (Good Clinical Practical), Proof of Concept, Good Laboratory Practice dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (Good Manufacturing Practice).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini