Cara Oki Setiana Dewi Ajarkan Anak-Anak Berpuasa sejak Dini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 612 2394842 cara-oki-setiana-dewi-ajarkan-anak-anak-berpuasa-sejak-dini-UMQKgg8Sp6.jpg Oki Setiana Dewi (Foto : YouTube/@Rumah Seleb MNCTV)

Ramadan merupakan bulan yang penuh hikmah, dan semua umat Islam berlomba untuk beribadah. Tak jarang juga para orangtua mengajarkan puasa sejak dini, kepada anaknya, salah satunya Oki Setiana Dewi.

Oki Setiana Dewi mengatakan, ia selalu mengajarkan puasa kepada anak-anaknya dan itu merupakan kewajibannya sebagai orangtua.

Cara agar anak-anaknya mau belajar berpuasa, yaitu dengan membiasakan diri bangun sahur bersama.

Oki Setiana Dewi

"Dibiasakan bangun sahur bersama kita," ujarnya seperti dikutip dari channel YouTube Rumah Celeb MNCTV.

Selain itu, Oki juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna puasa itu sendiri. Terlebih cara penyampaiannya pun harus dengan bahasa anak-anak, supaya lebih mudah diterima.

"Jadi harus dijelasin ke anak-anak, kenapa sih kita harus puasa, dengan bahasa yang mudah aja. 'Tahu enggak sih, puasa itu bagian dari rukun Islam' orang Islam kan enggak cuma syahadat, sholat tapi uga berpuasa," terang Oki.

Baca Juga : Puasa di Tengah Pandemi, Konsumsi Menu Sehat Ini saat Sahur dan Berbuka

Baca Juga : Biar Fit, Glenca Chysara Buka Puasa Makan Buah dan Sayur

Presenter sekaligus pendakwah ini menjelaskan, pada dasarnya tak ada paksaan berpuasa kepada anak-anak. Serta di dalam Islam pun tidak ada patokan, di usia berapa seorang anak harus menjalankan puasa.

Lain halnya dengan sholat, sudah tertulis dan dijelaskan di dalam Alquran, batas usia wajibnya sholat bagi anak yaitu di usia 7 tahun.

"Sebenarnya kalau di dalam Islam sendiri kita tahu enggak ada secara eksplisit puasa harus di umur berapa, yang ada sholat," ujarnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini