Suka Terbangun karena Ingin Pipis di Malam Hari? Hati-Hati Poliuria

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 481 2395407 suka-terbangun-karena-ingin-pipis-di-malam-hari-hati-hati-poliuria-cliFaffrBa.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SUKA terbangun di malam hari untuk buang air kecil atau pipis? Mungkin kejadian tersebut Anda anggap wajar, tapi coba ingat-ingat apakah Anda banyak minum sebelum tidur?

Jika tidak, bukan tidak mungkin Anda mengalami nokturia. Divisi Metabolik Endokrinologi dan Diabetes Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Indonesia, Dyah Purnamasari, mengatakan nokturia terbagi menjadi dua jenis yakni poliuria dan poliuria nokturnal.

Poliuria nokturnal

Jumlah air kemih di malam hari lebih banyak, sementar total air kemih seharian normal menjadi berkurang. Penyebabnya antara lain: gagal jantung, udem ekstremitas bawah, gangguan tidur (OSA), obat-obatan (diuretic), minum terlalu banyak sebelum tidur.

“Penyebab nokturia bisa bermacam-macam. Dari segi urologi bisa jadi karena gangguan saraf, gangguan otot kemih, keganasan kandung kemih dan nokturia poliuria,” terang Dyah.

Pipis

Selain sisi urologi, nokturia juga bisa terjadi dari sisi non-urologi. Beberapa diantaranya melibatkan berbagai penyakit kronis yang mengancam jiwa. Seperti: gagal jantung, diabetes tidak terkontrol, diabetes insipidus, hipoalbumin, henti napas saat tidur, multipel sklerosis, depresi, nyeri kronik, asupan cairan berlebih.

Poliuria

Jumlah air kemih >3 liter/24 jam. Disebabkan karena asupan cairan berlebih, diabetes yang tidak terkontrol, diabetes insipidus atau kelainan hormon pengaturan berkemih di otak.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini