Manfaat Makan Semangka untuk Kesehatan, Cegah Asma hingga Hipertensi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 481 2395409 manfaat-makan-semangka-untuk-kesehatan-cegah-asma-hingga-hipertensi-z4A9bEDG8G.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Saat puasa badan biasanya akan mengalami dehidrasi, atau kekurangan cairan. Memperbanyak minum, atau mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan air seperti semangka dapat mengurangi rasa haus.

Jenis buah ini memiliki banyak kandungan air, rasanya manis dan saat disantap rasanya segar. Semangka mengandung 90 persen air, mengandung antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas.

Selain itu, semangka juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Dikutip dari laman Health Line, ini tiga manfaat buah semangka untuk kesehatan Anda.

Pencegahan Asma

Semangka

Beberapa ahli percaya bahwa radikal bebas, memicu terjadinya asma. Keberadaan antioksidan tertentu di paru-paru, termasuk vitamin C dapat mengurangi risiko asma yang menyesakkan.

Namun penelitian belum memastikan, bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu mencegah asma, tetapi pola makan yang kaya vitamin C mungkin menawarkan perlindungan. Salah satunya dengan mengonsumsi buah semangka.

Baca Juga : 5 Khasiat Jus Semangka yang Belum Diketahui Banyak Orang

Baca Juga : Biji Semangka Miliki Khasiat untuk Perkuat Sistem Imun Tubuh

Mengontrol Tekanan Darah

Dalam sebuah studi 2012 menjelang, para peneliti menemukan bahwa ekstrak semangka dapat mengurangi tekanan darah di dalam dan sekitar pergelangan kaki orang paruh baya dengan obesitas dan hipertensi dini.

Peneliti menyarankan, bahwa L-citrulline dan L-arginine - dua antioksidan dalam semangka - dapat meningkatkan fungsi arteri. Likopen - antioksidan lain dalam semangka - dapat membantu melindungi dari penyakit jantung.

Melancarkan Pencernaan

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, dan juga menyediakan serat di dalamnya. Nutrisi ini membantu meningkatkan kesehatan usus dengan mencegah sembelit, serta mendorong keteraturan buang air besar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini