Perlukah Vaksinasi bagi Penyintas Covid-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 481 2395462 perlukah-vaksinasi-bagi-penyintas-covid-19-FNETqjhCcw.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Vaksinasi Covid-19 sangat dibutuhkan selama masa pandemi. Vaksin dapat membentuk kekebalan tubuh yang dapat melindungi seseorang agar tidak mengalami gejala parah saat terinfeksi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, seseorang yang sudah terinfeksi Covid-19 biasanya telah mendapatkan antibodi dari infeksi virus yang mereka alami sebelumnya. Meski demikian, perlukah vaksinasi bagi penyintas Covid-19?

Vaksinasi Covid-19

Baca Juga : Terinfeksi Covid-19 di Antara Jeda Vaksinasi, Ini yang Akan Terjadi

Baca Juga : Tak Cuma di Faskes, Vaksinasi Covid-19 Juga Ada di Mal Loh

Merangkum dari Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), @kemenkes_ri, Jumat (16/4/2021), merujuk pada rekomendasi PAPDI dan ITAGI, Penyitas Covid-19 dapat divaksinasi tiga bulan setelah dinyatakan sembuh.

ÔÇťApabila setelah dosis pertama sasaran terinfeksi Covid-19 maka dosis pertama vaksinasi tidak perlu diulang. Namun, tetap diberikan dosis kedua dengan interval yang sama yaitu tiga bulan setelah dinyatakan sembuh.

Oleh sebab itu masyarakat diimbau jangan ragu untuk disuntik vaksin Covid-19. Selain itu masyarakat yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan mengenakan masker.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini