Mengintip Peran Pemulung Daur Ulang Limbah Plastik

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 612 2395233 mengintip-peran-pemulung-daur-ulang-limbah-plastik-Ug1vPKC5hA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMULUNG kini harus semakin terjamin kesejahteraannya. Seperti yang dialami Abah Sarwan, pemulung sampah plastik di Subang, Jawa Barat.

Secara tidak langsung, kakek 75 tahun ini menyelamatkan lingkungan sekitar dari sampah plastik. Bekerja sebagai pemulung, Abah Sarwan menggunakan sepeda tuanya.

Ia pergi keliling dari kampung ke kampung mencari sampah. Meskipun hidup pas-pasan, tetapi Abah Sarwan tidak pernah mengeluh dan tetap semangat bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

pemulung

Selama 30 tahun ini, Abah Sarwan hanya tinggal berdua bersama istrinya di rumah. Ketiga anaknya sudah menikah, maka mereka tidak tinggal bersama lagi.

Berada di Kampung Krajan III, Desa Kediri, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, rumah Abah Sarwan cukup sederhana berukuran 40 bata, namun terlihat mendamaikan jiwa saat orang lain berkunjung. Abah Sarwan juga nyaman tinggal di rumah kecilnya itu.

Dari kegigihannya itu, banyak orang lain bersimpati dan peduli dengan Abah Sarwan. "Abah Sarwan yang di usia senjanya masih gigih bekerja dengan mengumpulkan sampah plastik untuk menghidupi keluarganya," ujar Febri Hutama dari Le Minerale.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Prispolly Lengkong mengatakan, kesejahteraan pemulung harus diutamakan. Tak hanya materi, namun juga pendidikan layak bagi anak-anak pemulung 

"Pemulung mempunyai peran penting sebagai garda depan proses daur ulang plastik yang berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan dan membantu menekan debit sampah," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini