Kenapa Vaksin Covid-19 Bikin Ngantuk?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 612 2395355 kenapa-vaksin-covid-19-bikin-ngantuk-6BL96FEprj.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

SALAH satu efek samping setelah mendapatkan vaksin Covid-19 adalah mengantuk. Tapi pernahkah Anda bertanya kenapa mengantuk usai vaksin Covid-19?

Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut perlu diketahui pemberian Covid-19 dilakukan dalam rangka pembentukan herd imunity atau kekebalan kelompok. Sayangnya, sampai saat ini belum semua orang bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Saat ini, vaksin baru diberikan pada tenaga medis, lansia dan mereka yang berada di garda depan penanganan pandemi Covid-19. Hingga kini, mereka yang mendapatkan vaksin pun tidak mengalami efek samping yang berarti. Kebanyakan, hanya mengeluhkan pegal dan pusing, serta yang cukup banyak juga adalah mengantuk.

Terkait dengan efek samping mengantuk usai divaksinasi Covid-19, dituturkan Prof. Dr. Kusnadi Rusmil, dr., Sp.A(K), MM, Ketua Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19, memang terjadi pada relawan yang diuji klinis.

"Habis disuntik dalam hari-hari uji klinis, memang ada yang sensitif, yang mengantuk itu ada. Tapi kalau ngantuk kan tidur saja, setelah tidur kan jadi segar,” jelas Prof. Dr. Kusnadi Rusmil.

Melansir klikdokter, dr. Arina Heidyana menyebut lelah dan mengantuk setelah menerima vaksin COVID-19 merupakan efek samping yang normal terjadi. Kondisi tersebut pun dapat dialami secara berbeda. Bahkan, ada pula sebagian penerima vaksin yang mungkin tidak merasakannya.

"Timbulnya efek samping vaksin COVID-19 menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh telah bekerja dan bereaksi. Jadi, lelah dan mengantuk juga bisa merupakan respons tubuh terhadap vaksin tersebut,” kata dr. Arina.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini