Tak Mau Asam Lambung Naik saat Puasa? Jangan Makan Cokelat

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 22:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 612 2395473 tak-mau-asam-lambung-naik-saat-puasa-jangan-makan-cokelat-UV4tJxwX9r.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu masalah yang dialami ketika kita puasa adalah kenaikan asam lambung. Meningkatnya asam lambung, bisa membuat kita sulit beraktivitas bahkan mungkin terpaksa membatalkan puasa.

Memang, orang-orang dengan penyakit asam lambung harus memperhatikan ekstra soal kebiasaan makan agar naiknya asam lambung bisa dicegah. Lantas, apa saja yang bisa memicu kenaikan asam lambung?

Seperti dilansir Femalefirst, untuk mencegah asam lambung menjadi naik, yang pertama ialah sebisa mungkin harus menghindari makanan-makanan pedas. Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan jaringan di saluran pencernaan, dan makanan pedas disebutkan dapat malah makin memperburuk keadaan ini.

Kemudian selain makanan pedas, kurangi konsumsi cokelat, makanan berlemak ataupun yang digoreng serta daging. Begitu juga dengan minuman teh peppermint, harus dihindari agar asam lambung tak tinggi. Pasalnya, peppermint disebutkan dapat melemaskan otot LOS yang mana situasi ini memungkinkan cairan asam lambung naik kembali dan dapat memperparah gejala sakit.

Cokelat

Tidak hanya soal jenis makanan yang diasup. Porsi makanan yang dikonsumsi pun juga harus diperhatikan. Soal porsi makan, untuk menghindari asam lambung menjadi naik disebutkan sebaiknya porsi makanan dalam sekali makan itu janganlah terlalu besar. 

Alih-alih sekali makan banyak yang bisa menekan pencernaan, disarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi teratur. Begitu juga dengan waktu makan, jika sudah tengah malam sebisa mungkin untuk tidak lagi makan alias mengonsumsi apapun. 

Hal ini bertujuan agar produksi asam lambung tidak meningkat ketika Anda sedang mencoba untuk tidur. Disebutkan pula, saat tidur disarankan untuk tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat untuk mencegah terjadinya refluks.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini