Kapan Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa Ramadhan?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 481 2395615 kapan-waktu-terbaik-olahraga-saat-ramadhan-C6gDeSQlJK.jpeg Ilustrasi olahraga saat puasa. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

OLAHRAGA memang penting untuk kesehatan, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya, terutama saat bulan puasa. Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh olahraga dengan perut kosong.

Dikutip dari laman okadoc, Jumat (16/4/2021), perlu diingat bahwa tidak boleh melakukan olahraga berat seperti angkat besi selama puasa karena otot tidak menerima cukup protein dan nutrisi sepanjang hari.

Sumber bahan bakar metabolisme utama untuk tubuh selama berpuasa sebagian besar berasal dari lemak. Ini merupakan hal yang baik jika mencoba menurunkan berat badan.

Baca juga: Yuk Ketahui Olahraga yang Aman Dilakukan saat Puasa Ramadhan 

Olahraga. (Foto: Gymnaholic)

Waktu Olahraga saat Puasa

Pengaturan waktu adalah hal penting untuk melakukan olahraga selama bulan Ramadhan, jadi waktunya tergantung pada rutinitas harian. Anda bisa berjalan-jalan atau jalan cepat sebelum buka puasa, jadi setelah buka puasa bisa mengisi kembali rasa haus dan makan untuk menambah energi.

Anda juga bisa berolahraga setelah buka puasa, latihan yang agak berat, seperti bola basket atau sepakbola. Penting untuk menunggu beberapa saat setelah makan, baru Anda bisa mulai berolahraga.

Olahraga maksimal 60 menit untuk mencegah kelelahan atau komplikasi yang parah, seperti tekanan darah rendah dan hipoglikemia.

Baca juga: Olahraga saat Puasa, Ikuti Tips Sehat dari Cut Memey Berikut Ini 

Asupan Usai Olahraga saat Puasa

Jangan lupa menghidrasi diri dengan air di antara jam buka puasa dan sahur. Anda dapat meminum air dengan garam laut atau air kelapa untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh yang penting untuk fungsi jantung, saraf, dan otot.

Hal yang harus diperhatikan adalah hindari makan besar dan cepat, karena perlu mengaktifkan metabolisme dan sistem pencernaan. Lebih baik makan makanan perlahan-lahan.

Makan protein tanpa lemak setelah berolahraga dan makan ikan putih (Non Carbohydrate) sebelum tidur. Makanan berbuka puasa seharusnya hanya terdiri dari satu karbohidrat dengan makanan kaya protein.

Bisa Olahraga Sebelum Sahur atau Sesudah Buka Puasa

Jika ingin berolahraga sebelum sahur, sebaiknya jangan melakukannya lebih dari 30 menit. Jika ingin melakukannya setelah berbuka puasa, sebaiknya tunggu tiga jam setelah makan karena tubuh perlu waktu untuk mencerna.

Dianjurkan untuk minum 35 ml air per kilogram berat badan, dan meminumnya selama beberapa waktu selama buka puasa hingga sahur. Jika merasa sakit, lemah, atau pusing, jangan terus berolahraga atau memaksakan diri. Olahraga saat bulan Ramadhan mungkin tidak cocok untuk Anda, dan tidak masalah jika tak melakukannya.

Baca juga: Olahraga Ringan hingga Penuhi Asupan Bernutrisi, Tips Sehat saat Puasa 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini