Ngotot Mau Mudik Lebaran? Pertimbangkan Dulu Risiko Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 481 2395633 ngotot-mau-mudik-lebaran-pertimbangkan-dulu-risiko-ini-qm7boAkJEm.jpg Pikir ulang sebelum mudik (Foto : Instagram/@lawancovid19_id)

Bulan Ramadhan selalu identik dengan tradisi mudik ke kampung halaman. Ya, sebagian besar masyarakat akan bersilahturahmi menuju rumah sanak saudara di kampung mereka masing-masing. Namun, tradisi ini tampaknya perlu ditahan sementara sebab situasi Tanah Air yang sedang dilanda pandemi Covid-19.

Berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, angka kasus positif Covid-19 meningkat cukup tajam pada saat libur panjang. Hal ini disebabkan oleh tingkat mobilitas masyarakat yang semakin tinggi dan berpengaruh pada risiko penularan Covid-19.

Larangan Mudik

Bagi sebagian masyarakat, khususnya para perantau, pasti akan merasakan rindu yang mendalam kepada keluarga di kampung halaman. Namun, Anda harus berpikir lebih luas, jangan sampai kepulangan Anda, justru membawa bencana bagi mereka yang ada di kampung halaman.

Baca Juga : Wajib Punya SIKM jika Ingin Bepergian saat Lebaran, Simak 3 Ketentuannya

Sebagaimana dilansir Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Kamis (15/4/2021), kelompok lanjut usia (lansia) berusia di atas 60 tahun menghadapi risiko kematian akibat Covid-19.

Risiko lansia untuk terinfeksi Covid-19, 19,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan anak muda. Risiko lansia mengalami keparahan juga semakin meningkat jika mereka memiliki riwayat penyakit penyerta (Komorbid).

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau paham akan bahaya infeksi Covid-19 yang mengintai bagi para sanak saudara maupun orangtua yang berada di kampung halaman. Lindungi orangtua dan keluarga yang kita sayangi dengan tidak mudik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini