Sempat Terkendala, AstraZeneca Janji Penuhi Pasokan Vaksin Gratis COVAX

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 481 2395659 sempat-terkendala-astrazeneca-janji-penuhi-pasokan-vaksin-gratis-covax-wfrx8TybQm.jpg Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. (Foto: Reuters)

DI tengah program vaksinasi massal, ternyata tidak semua negara memiliki akses untuk bisa mendapatkan pasokan vaksin covid-19 secara memadai. Negara-negara miskin dan berkembang harus menunggu distribusi Vaksin AstraZeneca gratis dari COVAX, program besutan PBB bersama aliansi vaksin GAVI.

Baca juga: 7 Fakta Vaksin AstraZeneca di Indonesia 

Ini termasuk Indonesia yang diketahui direncanakan akan mendapat 54 juta dosis Vaksin AstraZeneca secara gratis. Pemberian vaksin gratis ini akan dilakukan secara bertahap melalui skema pembagian lewat program COVAX.

Mengutip dari laman Reuters, Jumat (16/4/2021), CEO Astrazeneca Pascal Soriot dalam acara GAVI Vaccine Alliance baru saja mengumumkan bahwa meski ada rintangan dalam proses distribusi, mereka berusaha untuk tetap bisa mengirim suplai vaksin covid-19 dalam jumah besar di kuartal pertama tahun ini, sekaligus meningkatkan kuantitas produksi vaksin.

Baca juga: Jangan Takut, Vaksin AstraZeneca Hanya Timbulkan Efek Samping Ringan Ini 

Ia melanjutkan, sejauh ini AstraZeneca telah memberikan sebanyak 38 juat dosis vaksin covid-19 untuk program COVAX, dan berkomitmen untuk terus mengirimkannya. Tapi di sisi lain, Pascal mengingatkan demi kelancaran distribusi vaksin, wilayah perbatasan negara harus selalu dibuka.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini