7 Manfaat Makan Cengkih Sebelum Tidur, Bikin Tubuh Makin Sehat

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 481 2395807 7-manfaat-makan-cengkih-sebelum-tidur-bikin-tubuh-makin-sehat-jn7T1R6W6g.jpg Cengkih bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Freepik)

JIKA dikonsumsi secara teratur, cengkih dapat membantu meredakan sakit perut serta sakit gigi dan tenggorokan. Eugenol hadir dalam cengkih yang bisa membantu meredakan stres serta penyakit perut umum.

Banyak orang terkejut mengetahui bahwa cengkih dapat membantu mencegah penyakit parkinson. Ini karena adanya nutrisi penting seperti vitamin E, vitamin C, folat, riboflavin, vitamin A, tiamin, vitamin D, asam lemak omega 3 bersama dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri lainnya.

Baca juga: 8 Khasiat Minyak Cengkih untuk Kesehatan, Bisa Redakan Stres Lho 

Cara terbaik mengonsumsi cengkih adalah dengan mengunyah dua siung cengkeh dan minum segelas air hangat sebelum tidur. Ini dapat menyingkirkan sejumlah masalah kesehatan dan manfaat lainnya.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan itu? Ini daftarnya, dirangkum dari laman Times of India, Jumat (16/4/2021).

Cengkih. (Foto: Okezone)

1. Mengkonsumsi cengkih di malam hari dapat membantu meringankan masalah perut seperti sembelit, diare, asam lambung, dan meningkatkan pencernaan.

2. Cengkih kaya antioksidan dan memiliki sifat antibakteri. Cengkih memiliki jenis salisilat yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Mengonsumsi cengkih dengan air hangat dapat membantu meredakan sakit gigi. Bisa juga meletakkan siung cengkih di gigi, tepat di tempat yang terasa sakit untuk meredakan nyeri.

4. Cengkih dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan nyeri.

Baca juga: Mengenal Afo, Cengkih Tertua di Dunia Berusia 416 Tahun 

5. Orang yang mengalami masalah tangan dan kaki gemetar dapat mengonsumsi 1 sampai 2 siung cengkih sebelum tidur untuk meredakan masalah tersebut.

6. Mengonsumsi cengkih setiap hari meningkatkan kekebalan tubuh yang merupakan kebutuhan di masa pandemi covid-19 ini.

7. Cengkih dapat membantu menghilangkan batuk, pilek, infeksi virus, bronkitis, sinus, dan asma.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini