Pentingnya Kandungan 9AAE Guna Mencegah Stunting pada Anak

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 481 2395847 pentingnya-kandungan-9aae-guna-mencegah-stunting-pada-anak-RynAvT8P7L.jpg Susu mengandung 9AAE (Foto: Shutterstock)

Stunting merupakan penyakit yang paling dikhawatirkan, dan ditakuti terjadi kepada anak-anak. Hal ini disebabkan kurangnya gizi, nutrisi serta kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) guna mendukung pertumbuhan linier dan perkembangan otak untuk modal kesehatan anak di masa depan.

Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K) mengatakan, anak dengan kondisi stunting akan memiliki ketertinggalan dari anak-anak lain dan sulit untuk ditanggulangi, sehingga harus dicegah sedini mungkin.

 mencegah stunting pada anak

"Sebaiknya anak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, yang kemudian diikuti dengan MPASI bergizi tepat. 9AAE menjadi kandungan yang perlu mendapat perhatian besar dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak," ujarnya, Kamis (15/4/21).

Ia melanjutkan, protein hewani dengan 9AAE apabila dikonsumsi dalam jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat, maka dapat membantu mencegah terjadinya stunting kepada buah hati.

Berbagai studi menunjukkan, bahwa protein hewani menjadi sumber 9AAE yang lebih baik dari protein nabati. Pasalnya, kandungan protein tersebut memiliki 9AAE dalam jenis yang lengkap, berbeda dengan protein nabati yang memiliki limiting amino acids (hilangnya salah satu kandungan dari 9AAE).

Hal tersebut menjadi penting karena kekurangan satu jenis asam amino dapat menurunkan kinerja hormon pertumbuhan hingga 34 persen, dan angkanya akan meningkat sampai 50 persen jika tubuh sama sekali tidak mendapatkan asam amino esensial secara lengkap, baik dalam hal jenis dan jumlahnya.

"Adapun sumber protein hewani dan 9AAE yang terbaik berdasarkan nilai bioavailabilitasnya adalah susu, telur, ikan, ayam dan daging," terangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini