7 Aktivitas Pagi yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Sabtu 17 April 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 481 2396088 7-aktivitas-pagi-yang-bisa-menurunkan-berat-badan-msPcOH1ytf.jpg Ilustrasi aktivitas pagi penurun berat badan. (Foto: Rawpixel/Freepik)

PAGI hari merupakan waktu yang produktif untuk berkegiatan. Saat pagi hari, setiap orang cenderung lebih dapat menata aktivitas yang akan dilakukan selama seharian penuh. Lalu siapa sangka, ternyata ada beberapa aktivitas pagi yang bisa menurunkan berat badan. Sangat cocok untuk pelaku program diet.

Dirangkum dari video kanal YouTube Saddam Ismail, Sabtu (17/4/2021), berikut ini aktivitas di pagi hari yang dapat menurunkan berat badan. Simak yuk.

Baca juga: Sulit Menurunkan Berat Badan? Coba Terapkan 12 Cara Ampuh Ini 

1. Berjemur sinar matahari

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang rutin berjemur di pagi hari dapat menurunkan massa berat tubuhnya. Dengan berjemur, tubuh bisa mengikuti jam biologis. Hal ini dapat melancarkan metabolisme dan membakar lemak lebih baik.

Ilustrasi berjemur sinar matahari. (Foto: Shutterstock)

2. Sarapan dengan protein tinggi

Protein tinggi dapat membuat perut lebih kenyang dan memperlambat rasa lapar, lalu meningkatkan metabolisme. Tetapi yang perlu diperhatikan bahwa makanlah dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh serta tidak berlebihan.

3. Minum air tawar

Saat baru bangun tidur, baiknya meminum setidaknya dua gelas air tawar sebelum beraktivitas. Air tawar sangat penting diminum ketika baru bangun tidur, karena bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tidur. Meminum air putih sebelum sarapan juga baik untuk membuat lambung terisi lebih dulu dan membuat perut tidak terasa lapar.

Baca juga: 5 Manfaat Menurunkan Berat Badan bagi Penderita Diabetes Tipe 2 

4. Olahraga pagi

Olahraga dapat mengendalikan stres dan membakar kalori. Dengan berolahraga, lemak tubuh dapat terbakar lebih baik. Lakukanlah olahraga ringan seperti joging, jalan santai, senam, dan lain-lain. Olahraga pagi juga dapat mengontrol nafsu makan.

5. Menyiapkan bekal makan siang

Jika Anda bekerja atau berkegiatan di luar rumah, maka ada baiknya membawa bekal makan siang. Ini dapat menahan diri untuk tidak membeli makanan yang cenderung tinggi kalori.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat dengan Cepat, Coba Diet Telur Rebus Deh 

6. Menimbang berat badan

Dengan menimbang berat badan di pagi hari, maka bisa mempermudah mengontrol diet atau program menurunkan berat badan. Menimbang dapat dilakukan baiknya setelah buang air kecil ataupun buang air besar.

7. Jalan kaki atau naik turun tangga

Aktivitas sederhana ini dapat dilakukan saat perjalanan menuju kantor ataupun tempat yang ingin dituju. Dengan kegiatan ini maka dapat membantu membakar kalori yang ada pada tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini