4 Bahan Alami Terbaik untuk Perawatan Rambut, Bikin Kuat dan Berkilau

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 611 2396082 4-bahan-alami-terbaik-untuk-perawatan-rambut-bikin-kuat-dan-berkilau-TtyeHMuoTm.jpg Ilustrasi perawatan rambut. (Foto: Lookstudio/Freepik)

PERAWATAN rambut sangat penting bagi setiap orang. Sebab dengan memiliki rambut sehat akan memberikan tampil baik. Perawatan dengan bahan alami pun jadi rekomendasi, karena tanpa efek samping berarti.

Bahan alami perawatan rambut misalnya minyak argan yang terkandung di sampo. Lalu lidah buaya di kondisioner. Ini adalah beberapa khasiat terbesar dari alam dan dapat digunakan sendiri untuk memberikan keajaiban pada rambut.

Dirangkum dari laman Feminaindia, Jumat (16/4/2021), berikut ini deretan bahan alami terbaik untuk perawatan rambut.

Baca juga: Tidak Disangka, 5 Bahan Rumahan Ini Efektif Hilangkan Ketombe 

1. Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni paling dikenal untuk menembus kulit kepala dengan cepat dan mencegah kerusakan rambut, menambah kilau rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih baik, dan membuat untaiannya lebih kuat.

Bahan alami ini bisa juga mengurangi hilangnya protein dari rambut karena terlalu sering menggunakan pengering rambut atau menyisir berlebihan. Untuk memanfaatkan manfaat minyak ajaib ini, hangatkan minyaknya dan oleskan ke kulit kepala serta rambut.

2. Lidah buaya

Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad, tepatnya sejak zaman Mesir kuno, karena khasiatnya yang bernutrisi. Bahan alami ini dianggap sebagai solusi ajaib untuk semua masalah perawatan rambut.

Lidah buaya menghidrasi kulit kepala dan helai rambut. Ini mengurangi kerusakan, keriting, dan kekeringan pada rambut.

Lidah buaya mengontrol kelebihan sebum yang diproduksi kulit kepala, mengurangi rasa gatal, dan kaya vitamin A, C, E untuk rambut yang lebih kuat serta berkilau. Oleskan gel lidah buaya segar ke kulit kepala dan panjang rambut.

Lidah buaya. (Foto: Shutterstock)

3. Minyak jojoba

Minyak perasan dingin yang ringan ini digunakan untuk perawatan rambut karena mudah diserap oleh kulit kepala dan tidak memberatkan rambut. Minyak jojoba sangat kaya vitamin B, C, E. Ini melindungi rambut dari ujung bercabang, kerusakan dan kekeringan.

Minyak jojoba dikenal karena sifatnya yang melembapkan dan menutrisi. Untuk memperkuat, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan menjaga kesehatannya; hangatkan dua sendok makan minyak jojoba dan pijat lembut ke kulit kepala.

Baca juga: Rambut Tipis Juga Harus Tetap Dirawat, Simak Caranya 

4. Madu

Ini adalah bahan serbaguna, pelembap yang sangat baik untuk membantu mempertahankan kelembapan rambut dan mengurangi kerusakan.

Kaya akan antioksidan, madu melawan kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Madu juga dikenal dengan khasiat regeneratifnya dan melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan polusi yang terus-menerus.

Bahan alami ini mengurangi rasa gatal dan mengelupas kulit kepala sehingga mengurangi pembentukan ketombe. Campur madu dengan air dan pijat lembut ke kulit kepala dan oleskan di sepanjang rambut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini