3 Cara Ampuh Atasi Munculnya Rasa Lapar saat Puasa Ramadhan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 612 2395763 3-cara-ampuh-atasi-munculnya-rasa-lapar-saat-puasa-ramadhan-p5k8XEvWwm.jpg Ilustrasi perut lapar. (Foto: Shutterstock)

PUASA merupakan ibadah wajib bagi umat Islam selama bulan Ramadhan. Puasa berarti menahan diri dari hawa nafsu sehingga tingkat kesabaran bisa bertambah. Kemudian tidak makan dan minum sejak waktu subuh hingga magrib.

Nah, karena jadwal makan selama bulan puasa berubah, bisa menyebabkan merasa lapar pada siang hari. Tapi tenang saja, terapkan hal-hal berikut ini ketika lapar tiba saat sedang berpuasa, seperti dirangkum dari laman Times of India, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: 4 Persiapan Wajib Lansia Sebelum Vaksinasi Covid-19 saat Puasa Ramadhan 

1. Munculkan pemikiran bisa makan nanti

Salah satu hal baik tentang berpuasa adalah Anda tahu bisa mendapat hal-hal yang diinginkan nanti ketika sudah berbuka. Jadi jika menginginkan sesuatu pada siang hari, Anda bisa mengatakan pada diri sendiri bahwa akan mengonsumsinya saat berbuka puasa.

Puasa. (Foto: Reuters)

2. Alihkan perhatian

Saat merasa lapar, alihkan perhatian. Mulailah melakukan hal lain untuk menjauhkan pikiran dari rasa lapar. Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti menonton kajian Islam, tadarus kitab suci Alquran, atau membaca buku. Dengan demikian, pikiran jadi fokus pada kegiatan yang dilakukan sehingga melupakan rasa lapar.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa Ramadhan? 

3. Abaikan rasa sakitnya

Rasa lapar yang muncul bisa membuat perut menjadi sakit. Tetapi, itu akan mereda jika Anda mengabaikannya. Setelah Anda berhasil mengabaikan serangan rasa sakit yang pertama, maka akan mencapai keadaan stabil saat tidak merasa lapar.

Puasa memiliki efek kuat pada otak, suasana hati, dan sikap Anda terhadap makanan. Jenis kontrol yang dibutuhkan untuk melawan rasa lapar membuat Anda lebih kuat dengan sendirinya, dan ini merupakan perasaan yang sangat positif.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini