Langka, Anak Anjing Ini Lahir dengan 6 Kaki dan 2 Ekor

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 612 2395789 langka-anak-anjing-ini-lahir-dengan-6-kaki-dan-2-ekor-eozxVAeYYX.jpg Anak anjing langka lahir dengan enam kaki dan dua ekor. (Foto: Neel Veterinary Hospital/Livescience)

SEEKOR anak anjing langka lahir dengan enam kaki dan dua ekor. Kondisi yang terbilang sangat langka ini dianggap sebagai suatu keajaiban oleh para ahli kedokteran hewan. Saat ini anak anjing tersebut dalam kondisi sehat dan diberi nama Miracle. Namun, ia kerap dipanggil sebagai Skipper sebab penampilannya yang sangat manis.

Menurut keterangan pihak Rumah Sakit Hewan Neel di Oklahoma, Amerika Serikat, anak anjing ras campuran Australian Shepherd dan Border Collie ini diyakini dapat bertahan lebih lama daripada anjing lainnya karena kombinasi dari kondisi bawaannya.

Baca juga: Viral Anjing Dijadikan Sarana Kampanye Berjalan, Aktivis Hewan Geram 

Sebagaimana dilansir laman VT, Jumat (16/4/2021), diperkirakan juga anak anjing tersebut mungkin menjadi yang pertama dapat terlahir secara hidup. Rumah sakit menjelaskan bahwa Skipper memiliki jenis kelainan bawaan yang dikenal sebagai Monocephalus dipygus dan Monocephalus rachipagus dibrachius tetrapus.

Kelainan ini mengakibatkan anak anjing tersebut mengembangkan dua daerah panggul, saluran kemih bagian bawah, sistem reproduksi, dua ekor, dan enam kaki.

Anak anjing langka lahir dengan enam kaki dan dua ekor. (Foto: Neel Veterinary Hospital/Livescience)

(Foto: Neel Veterinary Hospital/Livescience)

"Kemungkinan dia sebenarnya memiliki pasangan (kembar), tapi mereka tidak terpisah dalam rahim. Dia juga memiliki tanda-tanda Spina bifida di sepanjang tulang punggungnya. Secara positif, organnya tampak dalam kondisi sangat baik. Anjing ini bisa buang air kecil dan buang air besar. Ia sangat kuat," jelas pihak rumah sakit.

Kini anak anjing tersebut dirawat dan tumbuh dengan baik. Semua kakinya bergerak dan merespons rangsangan seperti anak anjing normal pada umumnya.

Baca juga: Anjing Sering Mengubur Benda-Benda, Ternyata Ini Alasannya 

Dokter hewan menjelaskan bahwa kondisi Skipper perlu terus dipantau dan mungkin membutuhkan bantuan untuk berjalan ketika sudah sedikit lebih tua.

"Mungkin saja dia memerlukan terapi fisik dan bantuan dengan mobilitas seiring bertambahnya usia. Kami akan terus meneliti kondisinya, memantau perkembangannya selama pemeriksaan ulang, dan membantu menjaga Skipper bebas dari rasa sakit dan nyaman selama sisa hidup," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini