Cek Fakta: Kota Tarakan Kalimantan Utara Sudah Bebas Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 612 2395846 cek-fakta-kota-tarakan-kalimantan-utara-sudah-bebas-covid-19-CbsCu8vS1H.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HAMPIR semua wilayah di Indonesia tidak lepas dari kasus positif Covid-19. Meskipun kini penambahan kasus Covid-19 mulai mengalami pelambatan.

Namun, baru-baru ini beredar sebuah postingan di Media Sosial Facebook yang menyebutkan bahwa Kota Tarakan Kalimantan Utara Bebas Covid-19. Bahkan, dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa tes antigen PCR yang dilakukan percuma.

Telah beredar sebuah unggahan di Facebook oleh akun DrLois yang mengatakan bahwa Kota Tarakan, Kalimantan Utara bebas dari Covid-19. Dalam narasi tersebut, mencantumkan sebuah foto tangkapan layar yang mengatakan bahwa sudah tidak ada kasus Covid-19 di Kota Tarakan.

Hoax

“Abaikan Virus maka Indonesia akan Selamat.Kota Tarakan-Kaltara Sudah Bebas Covid19Karena dokternya sudah banyak yg pintar.Melakukan uji coba sendiri dan membuktikan bhw BENAR alat test swab Antigen PCR abal2,"

Tapi, melansir dari situs resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ternyata persentase kasus Covid-19 di Kalimantan Utara sebesar 0,7% dengan jumlah kasus sebanyak 11.398 kasus.

Narasi dalam unggahan tersebut mengatakan bahwa bebasnya Kota Tarakan dari kasus Covid-19 karena para dokter di Kota Tarakan yang melakukan uji coba sendiri, dan membuktikan bahwa alat uji swab antigen PCR tidak dapat mendiagnosa secara akurat.

Narasi dalam unggahan tersebut juga mengatakan bahwa dokter di Kota Tarakan tidak memberikan obat kepada orang yang sudah bergejala Covid-19, yang membuat Kota Tarakan bebas dari Covid-19.

Padahal, Kota Tarakan merupakan kota dengan kasus positif Covid-19 tertinggi di Provinsi Kalimantan Utara. Melansir dari situs resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara, per 14 April 2021 kasus positif Covid-19 di Kota Tarakan mencapai 5.980 kasus. Sehingga tidak dapat dikatakan bahwa Kota Tarakan bebas dari Covid-19.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa unggahan Facebook oleh akun DrLois tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini