Berikut Ini Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 17 April 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 612 2395973 berikut-ini-hal-hal-yang-bisa-membatalkan-puasa-TLHzndJ0Jg.jpg Puasa (Foto: The Conversation)

Berpuasa, khususnya di bulan suci Ramadan tak hanya sekedar menahan haus dan lapar sepanjang hari dari Imsak hingga matahari terbenam.

Namun juga menahan diri melakukan hal-hal yang dilarang serta hal-hal yang terlihat sederhana dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, namun nyatanya bisa membatalkan ibadah puasa kita. Lalu, apa saja sih hal-hal yang bisa membatalkan ibadah puasa?

Menghimpun Gulfnews dan About Islam, mari simak ulasan singkat hal-hal yang bisa membatalkan puasa di bawah ini.

 mandi

1. Menengguk air di kolam renang atau saat mandi

Dikatakan oleh Dr Ali Ahmad Mashael, dari Islamic Affairs and Charitable Activities Department, Dubai aktivitas berenangnya sendiri tak membatalkan puasa, namun yang bisa membuat batal puasa ialah ketika aada air mengalir melalui mulut ke tenggorokan atau di dalam hidung, yang mana dalam banyak kasus diyakini mencapai perut, maka hal ini dinilai telah membatalkan puasa. Dokter Ali menyebut umat Islam harus menghindari gerakan renang atau mandi yang agresif atau puasa mereka tidak dapat dihitung.

2. Makan dan minum dengan sengaja

Jika tidak sengaja makan atau minum karena lupa sedang berpuasa, maka puasanya tetap berjalan alias tak batal. Namun jika makan atau minum tersebut disengaja, maka puasa sudah pasti menjadi batal. Apapun yang masuk ke perut dan melalui mulut atau melalui hidung, maka ini membatalkan puasa. Bahkan ketika kita menelan batu sekalipun, maka puasa tetap telah batal. Sama halnya dengan merokok atau mengunyah permen karet.

 

3. Berhubungan intim

Dr Mashael memperingatkan agar tidak melakukan perilaku seksual apa pun selama jam puasa. Begitu juga dengan perilaku kecil, seperti pelukan atau ciuman dapat memicu perilaku tersebut.

4. Muntah secara sengaja

Terlalu banyak makan dan merasa perut tak nyaman, lalu dengan sengaja menusuk tenggorokan agar bisa memuntahkan isi perut atau sengaja mencium bau-bauan tertentu supaya muntah, maka sudah pasti puasa yang dijalankan telah batal. Beda kasus jika muntah ini memang tiba-tiba, tak tertahankan lagi dan tidak disengaja, maka puasa dianggap tetap dianggap sah alias tidak batal.

5. Ejakulasi

Sama halnya dengan berhubungan intim, perilaku seksual seperti ejakulasi juga masuk dalam hal yang bisa membatalkan puasa. Mimpi basah, ejakulasi saat tidur sama sekali tidak mempengaruhi puasa.

Namun jika Anda melakukannya dengan sengaja, saat sedang sadar dengan melihat sesuatu atau bermasturbasi, maka puasa menjadi batal.

6. Suntik insulin untuk penderita diabetes

Dr Ali Ahmad menerangkan, suntikan insulinnya sendiri tidak membatalkan puasa, tapi masyarakat disarankan mengonsumsi dosis normal untuk mengembalikan gula tubuh ke kisaran normal. Jika dosisnya terlalu banyak, bisa memicu timbulnya rasa lapar dapat menyebabkan berbuka puasa. Dokter Ali menjelaskan bahwa ada dua jenis penyakit yang menentukan apakah seseorang harus berpuasa atau tidak.

Pertama, jika seseorang menderita penyakit yang membutuhkan pengobatan segera, maka orang itu dibolehkan tak berpuasa dan harus menebusnya. Puasa dalam hal ini dapat memperburuk kesehatan dan menunda kesembuhannya, oleh karena itu tidak boleh berpuasa. Tapi, jika sakit yang diderita adalah tipe sakit atau penyakit lain yang masih dapat ditoleransi dapat menunda konsumsi obatnya hingga Isya, Maghrib, atau sahur bisa tetap berpuasa, dengan catatan jka sakitnya tak tertahankan, mereka tidak wajib berpuasa.

 

7. Keluar darah menstruasi

Jika darah menstruasi tiba-tiba keluar, bahkan hanya beberapa detik sebelum adzan Magrib. Maka otomatis puasa yang dijalankan langsung batal di detik itu juga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini